Bursa Eropa 4 Januari Tambah Kuat, Di-support Data Ekonomi Jerman dan Inggris

185

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham utama Eropa  menguat pada  perdagangan  hari Selasa (4/1/2022) dari sesi awal pekan setelah serangkaian studi baru menunjukkan bahwa varian virus omicron mungkin tidak separah yang ditakuti sebelumnya. Data ekonomi yang kuat dari Jerman dan Inggris juga mendorong harapan investor untuk pemulihan ekonomi yang cepat dari pandemi.

Destatis melaporkan data penjualan ritel Jerman naik untuk bulan kedua berturut-turut di bulan November, naik 0,6 persen yang melebihi perkiraaan penurunan 0,5 persen.  Kemudian data terpisah dari British Retail Consortium menunjukkan bahwa harga toko Inggris tumbuh lebih cepat di bulan Desember, harga toko naik 0,8 persen dalam skala tahunan di bulan Desember, menyusul kenaikan 0,3 persen di bulan November, yang merupakan kenaikan pertama dalam dua setengah tahun.

Indeks utama bursa Eropa atau Pan European Stoxx 600 naik 0,6 persen menjadi 492,88 setelah naik setengah persen pada awal pekan. Kemudian indeks bursa saham Jerman atau DAX Jerman naik 0,3 persen, indeks bursa saham Perancis atau CAC 40   bertambah 0,9 persen dan indeks bursa Inggris atau FTSE 100  menguat 1,2 persen.

Di Jerman, saham Nordex Group, pembuat turbin angin Jerman, naik sekitar 2,8 persen setelah perusahaan memberitakan telah menerima pesanan turbin angin 380 MW dari perusahaan utilitas Finlandia Fortum untuk kluster pembangkit listrik tenaga angin Pjelax-Böle-Kristinestad Norr di Finlandia.

Di Inggris, beberapa saham maskapai penerbangan melonjak seperti saham Wizz Air Holdings naik  hampir 19 persen. Maskapai bertarif rendah tersebut melaporkan telah mengangkut 2,64 juta penumpang pada bulan Desember 2021, naik 296,3 persen dari 665.722 penumpang pada tahun lalu. Demikian saham pemilik British Airways, IAG, melonjak 10 persen.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here