Kospi 4 Januari Hanya Kuat Tipis, Dibatasi oleh Kenaikan Dolar AS

265
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Korea Selatan kembali cetak keuntungan pada  perdagangan   hari Selasa (4/1/2022), setelah melewati pergerakan harga yang fluktuatif. Indeks Kospi hanya menguat tipis oleh sikap investor yang wait and see, dikarenakan sepinya penggerak global.

Kospi  melemah awal sesi mengikuti penurunan umum di pasar saham Asia serta aksi ambil untung yang dilakukan investor institusi cukup besar, tetapi kembali bergerak ke zona positif jelang penutupan bursa.  Selain itu, kenaikan imbal hasil obligasi jangka panjang di Amerika Serikat dan apresiasi dolar AS menyebabkan investor asing membatasi pembelian saham lokal mereka.

Kemudian Kospi menguat jelang penutupan bursa yang menerima sentimen positif dari laporan data manufaktur PMI Cina daratan lebih baik dari perkiraan sehingga timbul kembali ekspektasi pemulihan ekonomi global di tahun 2022.

indeks kospi
Berita Kospi Lainnya di Telegram Vibiznews

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) ditutup naik 0,47 poin atau 0,02 persen menjadi ditutup pada 2.989,24. Sementara itu untuk indeks Kospi200 berjangka menguat 0,11 poin atau 0,03% ke posisi 395.40, setelah sempat naik ke posisi tertinggi 396.71 dan sempat turun ke posisi terendah di 393.35.

Mayoritas saham-saham kapital besar  bergerak mixed, Kospi banyak disupport oleh saham pembuat baterai mobil listrik LG Chem melonjak 4,21 persen  dan saham pembuat baja POSCO naik 2,32 persen. Kemudian disusul oleh saham Samsung Electronics naik tipis 0,13 persen  dan saham pembuat chip No. 2 SK hynix ditutup tidak berubah.

Saham pemberat indeks sepanjang sesi seperti saham operator portal internet Naver anjlok 2,79 persen, saham raksasa farmasi Samsung Biologics turun 2,52 persen, dan saham produsen mobil terkemuka Hyundai Motor turun tipis 0,24 persen.

 

 

 

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here