Rekomendasi Minyak 5 Januari 2022: WTI Naik karena Ketakutan Terhadap Omicron Mereda

180

(Vibiznews – Commodity) Minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex melanjutkan kenaikannya dan berhasil mempertahankan harga di ketinggian sekitar $76.90.

Optimisme sehubungan dengan resiko dari virus Omicron telah membuat yields AS membumbung naik dan juga mendorong naik indeks saham utama AS dan Eropa mencetak ketinggian. Hal ini memberikan dukungan naik terhadap pasar minyak mentah naik dari posisi rendahnya di $74.00 an.

Alasan utamanya dibalik kembalinya kepercayaan investor adalah pandangan positip terhadap resiko karena Omicron. Varian baru coronavirus ini memang jauh lebih menular namun tidak membawa kepada datangnya orang banyak berbondong-bondong ke rumah sakit. Jadi Omicron tidak akan menghentikan pemulihan ekonomi global.

Lihat: Minyak Mentah: Review 2021 & Outlook 2022

Jumlah orang yang ke rumah sakit di Inggris meningkat beberapa hari yang baru lalu, namun kondisinya jelas kelihatan lebih lemah daripada sewaktu terjadi gelombang musim dingin sebelumnya. Sementara itu, PM Inggris Boris Johnson mengumumkan pada hari Senin bahwa tidak diperlukan langkah baru untuk memerangi varian baru coronavirus Omicron. Menurut Johnson, langkah yang ada sekarang sudah benar. Hal ini membuat Sterling menjadi tangguh mengatasi lawan-lawannya.

Menteri keuangan Perancis juga menyatakan keyakinannya pada hari Selasa bahwa meskipun infeksi karena Omicron meningkat, outlook ekonomi dari pemerintah untuk tahun 2022 tetap tidak berubah.

“Support” terdekat menunggu di $74.53 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $73.24 dan kemudian 72.36. “Resistance” yang terdekat menunggu di $77.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $77.59 dan kemudian $78.88.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here