Bursa Eropa 6 Januari Retreat dari Posisi Rekor Tertinggi

188
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham utama Eropa  jatuh dari posisi rekor tertinggi sebelumnya pada  perdagangan  hari Kamis (6/1/2022) karena investor mencerna nada hawkish dalam risalah dari pertemuan Federal Reserve AS terbaru. Semua indeks utama bursa Eropa anjlok cukup signifikan.

Risalah dari pertemuan the Fed bulan Desember menunjukkan jadwal yang lebih cepat untuk menaikkan suku bunga tahun ini di tengah pasar kerja yang sangat ketat dan inflasi yang tidak mereda. Kekhawatiran Covid-19 juga membebani pasar, dengan juru bicara pemerintah Prancis mengatakan bahwa peningkatan supersonik dalam infeksi Covid-19 akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang.

Dalam rilis ekonomi terkini, data pesanan pabrik Jerman rebound pada November sebagian besar didorong oleh permintaan asing menurut laporan survey Destatis. Pesanan baru tumbuh 3,7 persen bulan ke bulan di bulan November, membalikkan penurunan kuat 5,8 persen di bulan Oktober.

Data ekonomi lainnya juga menunjukkan pelemahan dimana  IHS Markit melaporkan  bahwa sektor konstruksi Jerman mengalami kontraksi lebih lambat pada periode bulan Desember.

Indeks utama bursa Eropa atau Pan European Stoxx 600 turun 1,5 persen menjadi 487,04 setelah berakhir datar dengan bias positif. Kemudian indeks bursa saham Jerman atau DAX Jerman anjlok 1,12 persen, indeks bursa saham Perancis atau CAC 40 anjlok 1,24 persen dan indeks bursa Inggris atau FTSE 100 anjlok 0,79 persen.

Di Inggris, saham B&M European Value Retail naik lebih dari 1 persen. Perusahaan toko variasi mengatakan bahwa mereka mengharapkan untuk melaporkan Ebitda yang disesuaikan untuk tahun fiskal 2022 di atas perkiraan  analis saat ini.

Di Perancis, saham kelompok katering dan layanan makanan Sodexo turun 1,4 persen setelah memperingatkan bahwa kembalinya bekerja jarak jauh musim dingin ini dapat mempengaruhi volumenya.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here