Bursa Eropa 7 Januari Berhati-hati Jelang Data NFP AS

714

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham utama Eropa  diperdagangkan dengan hati-hati di dekat garis datar pada perdagangan hari Jumat (7/1/2022), setelah aksi jual yang cukup besar sebelumnya. Investor di seluruh dunia sedang menunggu data pekerjaan AS dan tingkat inflasi Zona Euro yang akan dirilis hari ini.

Sentimen baru-baru ini terpukul oleh prospek kenaikan suku bunga yang lebih cepat oleh Federal Reserve karena pasar pekerjaan yang ketat dan inflasi yang tak henti-hentinya. Rilis data ekonomi juga membebani seperti data produksi industri di Jerman dan Prancis secara tak terduga berkontraksi pada November, sementara ekspor dan impor dari ekonomi terbesar Eropa mengalahkan ekspektasi pasar.

Indeks utama bursa Eropa atau Pan European Stoxx 600 turun 1,11 poin atau 0,35 persen menjadi 487,05. Kemudian indeks bursa saham Jerman atau DAX Jerman anjlok 0,42 persen, indeks bursa saham Perancis atau CAC 40 anjlok 0,24 persen dan indeks bursa Inggris atau FTSE 100 anjlok 0,08 persen.

Di Jerman, saham Deutsche Bank naik ke level tertinggi lebih dari enam bulan, setelah kepala keuangan perusahaan mengatakan yakin akan mencapai target profitabilitas utama tahun ini.

Di Perancis, saham Pembuat chip Prancis-Italia STMicroelectronics juga melonjak ke puncak STOXX 600, setelah pendapatan awal kuartal keempatnya sedikit di atas perkiraan yang diberikan pada akhir Oktober di tengah krisis pasokan global.
 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here