Non Farm Payrolls AS Desember Turun; Tingkat Pengangguran Desember AS Turun

491
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan pekerjaan AS jauh lebih sedikit dari yang diperkirakan pada bulan Desember, demikian rilis Departemen Tenaga Kerja AS pada Jumat.

Non Farm Payrolls tumbuh 199.000, sementara tingkat pengangguran turun menjadi 3,9%, menurut data Biro Statistik Tenaga Kerja. Itu dibandingkan dengan perkiraan Dow Jones sebesar 422.000 untuk jumlah penggajian dan 4,1% untuk tingkat pengangguran.

Pasar saham berjangka bergerak lebih rendah setelah laporan tersebut, sementara imbal hasil obligasi berada di wilayah positif.

Penciptaan lapangan kerja tertinggi di bidang rekreasi dan perhotelan, sektor pemulihan utama, yang menambahkan 53.000. Layanan profesional dan bisnis menyumbang 43.000 sementara manufaktur menambahkan 26.000.

Tingkat pengangguran turun ke level terendah baru di era pandemi dan mendekati level terendah 50 tahun di 3,5% pada Februari 2020. Penurunan itu terjadi meskipun tingkat partisipasi angkatan kerja tidak berubah di 61,9%. Ukuran pengangguran yang lebih menyeluruh yang mencakup pekerja yang putus asa dan mereka yang memegang pekerjaan paruh waktu karena alasan ekonomi turun menjadi 7,3%, turun 0,4 poin persentase.

Penghasilan per jam rata-rata naik lebih dari yang diharapkan karena AS melihat laju inflasi tercepat dalam hampir 40 tahun. Upah naik 0,6% untuk bulan tersebut dan naik 4,7% dari tahun ke tahun. Itu dibandingkan dengan perkiraan masing-masing 0,4% dan 4,2%.

Data tersebut membuat total tingkat pekerjaan masih 2,9 juta di bawah posisinya pada Februari 2020, sebelum deklarasi pandemi. Tingkat partisipasi angkatan kerja 1,5 poin persentase lebih rendah, mewakili penurunan tenaga kerja hampir 2,3 juta untuk periode tersebut.

Sektor lain yang melihat peningkatan pekerjaan termasuk konstruksi (22.000), transportasi dan pergudangan (19.000) dan perdagangan grosir (14.000).

Sementara pertumbuhan melambat sepanjang musim panas, para ekonom memperkirakan bahwa PDB naik tajam pada akhir tahun, dengan Fed Atlanta melacak pertumbuhan 6,7%. Pejabat Federal Reserve telah mengamati data dengan cermat.

Bank sentral telah mengindikasikan akan mulai memperlambat bantuan yang telah diberikannya kepada perekonomian sejak pandemi dimulai.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here