Rekomendasi Emas 7 Januari 2022: Turun karena Risalah FOMC yang Hawkish

1192

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun tajam pada awal perdagangan sesi AS pada hari Kamis. Emas sangat terpukul setelah muncul laporan yang hawkish dari Federal Reserve pada hari Kamis pagi dinihari.

Emas berjangka kontrak bulan Februari turun $19.10 ke $1,791.40 per troy ons. Sementara perak Comex bulan Maret turun $1.05 ke $22.11 per ons.

Harga emas turun tajam dalam semalam, begitu muncul risalah pertemuan FOMC yang dirilis pada hari Kamis pagi dinihari. Risalah the Fed menunjukkan pasar pekerjaan yang sangat ketat dan naiknya inflasi bisa membuat bank sentral AS terpaksa menaikkan tingkat bunga lebih cepat daripada yang sudah banyak diperkirakan orang dan mulai mengurangi asset keseluruhan dari Balance Sheet.

Risalah tersebut juga menunjukkan bahwa keprihatinan terhadap inflasi melebihi daripada resiko ekonomi yang diakibatkan oleh mengamuknya varian coronavirus Omicron. Probabilita bahwa the Fed akan menaikkan tingkat bunga pada bulan Maret meningkat menjadi lebih dari 70%.

Lihat: Emas: Review 2021 & Outlook 2022

Naiknya tingkat bunga AS yang ditandai oleh naiknya yields treasury AS adalah bullish bagi dollar AS. Emas dan dollar AS seringkali bergerak berlawanan sehari-harinya. Namun Emas dan dollar AS sama-sama berkompetisi satu sama lain dalam menjadi assets yang memiliki nilai safe-haven.

Yield treasury note AS 10 tahun saat ini berada di 1.732%. Yields obligasi AS sudah meningkat selama tiga minggu lamanya dan mengalami lompatan yang besar pada minggu ini, termasuk setelah keluarnya risalah FOMC yang hawkish.

“Support” terdekat menunggu di $1,785 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,775 dan kemudian $1,750

“Resistance” terdekat menunggu di $1,800 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,811 dan kemudian $1,825.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here