Bursa Korsel Awal Pekan Tertekan Ekspektasi Kenaikan Fed Rate

270
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Seoul di Korea Selatan  turun pada perdagangan hari Senin (10/1/2022), terbebani oleh kekhawatiran atas kemungkinan penurunan suku bunga dan kenaikan suku bunga Federal Reserve AS yang lebih cepat dari perkiraan. Indeks Kospi retreat kembali dari gain yang dicetak akhir pekan lalu.

Penurunan KOSPI terjadi di tengah ekspektasi Fed telah mengisyaratkan akan menyelesaikan pengurangan dan memulai kenaikan suku bunga pada awal Maret dalam risalah yang baru-baru ini diumumkan pada pertemuan Desember. Investor menunggu sidang ketua Federal Reserve di Senat pada hari Selasa, mencari petunjuk tentang sikap bank sentral AS tentang kenaikan suku bunga.

indeks kospi
Berita Kospi Lainnya di Telegram Vibiznews

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) ditutup turun 28,17 poin atau 0,95 persen menjadi  2.926,72. Sementara itu untuk indeks Kospi200 berjangka melemah 3,33 poin atau 0,85% ke posisi 387.52, setelah sempat naik ke posisi tertinggi 390.24 dan sempat turun ke posisi terendah di 387.29.

Sebagian besar saham kapitalisasi besar ditutup lebih rendah seperti saham penggerak pasar Samsung Electronics turun 0,38 persen, saham pembuat chip No. 2 SK hynix turun 1,97 persen, saham raksasa portal internet Naver mundur 0,89 persen, saham Kakao merosot 3,4 persen, saham raksasa farmasi Samsung Biologics turun 0,95 persen  dan saham Hyundai Motor kehilangan 2,56 persen.

 

 

 

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here