PT Semacom Integrated Tbk (SEMA) Oversubscribes 40 Kali Pada Saat IPO

742
Foto : Humas PT Semacom Integrated Tbk (SEMA)

(Vibiznews – IDX) PT Semacom Integrated Tbk perusahaan yang bergerak di bidang produsen panel listrik, perakitan baterai listrik, dan infrastruktur energi baru terbarukan (EBT) melakukan listing perdana sahamnya di Bursa Efek Indonesia hari Senin (10/01/2022) dengan kode saham SEMA. Perseroan ini menjadi perusahaan tercatat ke 2 di tahun 2022 yang mencatatkan sahamnya di BEI.

Perseroan menawarkan kepada masyarakat sebanyak 347 juta lembar saham baru atau setara dengan 25,76%  dari Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh Perseroan setelah IPO dengan nilai nominal Rp 180 per sahamnya. Selama masa penawaran, investor memburu saham dari produsen panel listrik, perakitan baterai listrik, dan infrastruktur energi baru terbarukan (EBT) ini. Hal ini terbukti dari permintaan investor yang melebihi pesanan (oversubscribes) 40X dari dari porsi pooling. Selain melakukan IPO, perseroan juga akan menerbitkan Waran Seri I dengan nilai maksimal 173,50 juta waran I sebagai pemanis (sweetener).

Direktur Utama PT Semacom Integrated Tbk, Rudi Hartono Intan, mengatakan dana yang diperoleh dari IPO ini seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja perseroan. Diantaranya adalah untuk Pembelian Persedian, Biaya Research & Development, serta Biaya Pemasaran dan Promosi. Penggunaan dana IPO ini tentunya setelah dikurangi biaya – biaya emisi efek. Sedangkan dana yang diperoleh Perseroan dari pelaksanaan Waran Seri I, jika dilaksanakan oleh pemegang waran, maka akan digunakan untuk modal kerja perseroan yaitu untuk pembelian persediaan serta biaya pemasaran dan promosi.

Mengenal bisnis perseroan, PT Semacom Integrated Tbk  merupakan produsen panel listrik berlisensi pertama di indonesia. Perseroan memperoleh lisensi dari Siemens pada tahun 2009 untuk memproduksi panel-panel type-tested dan berlanjut pada tahun 2018 dari Hyundai Electric. Perseroan memiliki satu fasilitas produksi di Gunung Sindur, Bogor dengan kapasitas produksi per tahun masing-masing sebesar 685 kubikel panel listrik, 3.250 unit enclosure dan 7.000 unit baterai listrik. Pabrik ini dilengkapi dengan fasilitas CNC line, uji coba (Dielectric Test & Secondary Injection), R&D, serta gudang material.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here