Survey Konsumen Desember 2021: Optimisme Konsumen Tetap Kuat

157
Vibizmedia Photo

 

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat pada Desember 2021. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen[1] (IKK) Desember 2021 sebesar 118,3 atau berada pada area optimis, relatif stabil dibandingkan dengan indeks pada November 2021 sebesar 118,5. Secara triwulanan, IKK triwulan IV 2021 tercatat sebesar 116,8, meningkat dibandingkan 84,3 pada triwulan III 2021, maupun 89,2 pada triwulan IV 2020.

Tetap kuatnya optimisme konsumen pada Desember 2021 ditopang oleh persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini yang meningkat. Peningkatan tersebut terutama berkaitan dengan persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dan ketersediaan lapangan pekerjaan. Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap berada di level optimis (indeks >100) meskipun tidak setinggi bulan sebelumnya.

Menurut Analis Vibiz Research, ini merupakan hal yang positif yang kita harapkan sehingga pemulihan ekonomi yang dicanangkan pemerintah dapat terlaksana jika optimisme kuat dari pihak konsumen, karena dengan optimisme yang kuat akan berpengaruh pada daya beli masyarakat yang akan meningkat sehingga roda perekonomian dapat kembali berjalan dengan lancar.

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here