Koordinasi dan Sinergi Terus Ditingkatkan untuk Menjaga Momentum Pemulihan Ekonomi di 2022

532
Photo: Vibizmedia

(Vibiznews – Property) –  Dalam Siaran Pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, 11 Januari 2022, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan target pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 telah disepakati sebesar 5,2 persen. Untuk mencapai pemenuhan target tersebut akan sangat bergantung pada penanganan Covid-19 dan respon kebijakan ekonomi, termasuk di dalamnya Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), penciptaan lapangan kerja dan kesiapan untuk bertransformasi ke era digital.

“Saya mengajak kita semua untuk memperhatikan seluruh agenda nasional dan terus meningkatkan koordinasi dan sinergi agar momentum pemulihan ekonomi Indonesia ini dapat terjaga di tahun 2022”, ujar Airlangga.

Menko Airlangga juga menghimbau untuk menjaga kestabilan politik di tahun 2022 ini agar mendukung pertumbuhan ekonomi. “Kestabilan politik harus kita jaga, agar ekonomi bisa tumbuh dan ini yang ingin dilihat oleh  negara-negara di dunia yaitu Indonesia bisa menjadi solusi  atas pandemi Covid-19, perang dagang dan keamanan Indo-Pasifik.”

Pemerintah juga akan melanjutkan Program Penanganan Covid – Pemulihan Ekonomi Nasional (PC – PEN) di tahun 2022 dengan alokasi anggaran sebesar Rp 414,1 triliun dengan fokus pada bidang kesehatan, perlindungan masyarakat dan penguatan pemulihan ekonomi. Untuk mengoptimalisasi pemanfaatan PC-PEN 2022 kali ini, beberapa program akan didorong sebagai front loading atau direalisasikan di awal tahun 2022, antara lain :

  • Subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar 3% untuk Januari – Juni 2022
  • Perluasan program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT – PKLW)
  • Insentif fiskal berupa :

*) Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) untuk perumahan.

*) Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) untuk kendaraan bermotor.

Airlangga juga menambahkan, selain memanfaatkan PEN, pemerintah juga memaksimalkan penggunaan APBN. “Melalui APBN 2022, pemerintah juga akan terus berkomitmen meningkatkan kualitas SDM demi masa depan generasi penerus bangsa,” tutur Menko Airlangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here