Pagi Ini, Pasar Asia-Pasifik Bergerak Positip, Nikkei 225 Telah Naik 0.46 Persen

342

(Vibiznews – Index) – Pasar Asia-Pasifik bersiap untuk naik tipis pada hari Selasa setelah hari yang tenang di Wall Street di mana pasar AS ditutup untuk hari libur umum.

ASX 200 Australia naik 0,21% di awal perdagangan. Indeks Nikkei 225 pagi ini telah menguat 0.46% atau 129.02 poin ke level 28462.53 seperti yang terpantau pada layar RTI pukul 07:35 WIB.

Suku bunga global terus naik di tengah ekspektasi pengetatan bank sentral yang lebih cepat, menurut Tapas Strickland, direktur ekonomi dan pasar di National Australia Bank.

Presiden China Xi Jinping memperingatkan terhadap kenaikan suku bunga yang cepat pada hari Senin yang dapat menggagalkan pemulihan global dari pandemi virus corona.

“Jika ekonomi utama mengerem atau memutar balik kebijakan moneter mereka, akan ada dampak negatif yang serius,” kata Xi melalui konferensi video di acara virtual The Davos Agenda.

“Mereka akan menghadirkan tantangan bagi stabilitas ekonomi dan keuangan global, dan negara-negara berkembang akan menanggung bebannya,” katanya, dalam sambutannya, menurut terjemahan bahasa Inggris.

Dia juga menyerukan kepada negara-negara untuk menjauh dari “mentalitas Perang Dingin,” dengan mengatakan bahwa sejarah telah berulang kali menunjukkan bahwa konfrontasi hanya mengundang dampak bencana.

Pada sesi sebelumnya, pasar Asia tidak bereaksi terhadap data resmi dari China, yang menunjukkan ekonomi terbesar kedua di dunia itu tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan antara Oktober dan Desember.

Strickland juga menunjukkan bahwa prospek ekonomi China memiliki “lebih banyak ketidakpastian,” dan bahwa kebijakan nol-Covid negara itu “menyeret ekonomi, dan menambah momentum yang hilang karena masalah di sektor properti.”

Mata uang dan minyak

Di pasar mata uang, dolar AS diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada 95,251 terhadap sekeranjang rekan-rekannya.

Yen Jepang berpindah tangan pada 114,61, sedikit berubah dari penutupan sebelumnya. Dolar Australia juga diperdagangkan relatif datar di $0,7209.

Harga minyak naik selama jam perdagangan Asia, dengan minyak mentah AS naik 0,54% menjadi $84,27 per barel.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak, atau OPEC, akan merilis laporan pasar minyak bulanan pada hari Selasa di mana para pedagang cenderung memperhatikan tanda-tanda bahwa permintaan minyak global telah dipengaruhi oleh lonjakan kasus Covid di seluruh dunia.

Selasti Panjaitan/Vibiznews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here