Rekomendasi Minyak 26 Januari 2022: Berhasil Naik Lagi Meskipun Pasar Masih “Risk-Off”

321
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex berhasil naik kembali dari kerendahan di $82.27 ke $84.96 per barel ditengah sentimen pasar yang masih “risk-off”.

Kenaikan harga minyak WTI di tengah sentimen pasar yang “risk-off” disebabkan beberapa faktor spesifik yang mendukung harga minyak.

Pertama, ekspektasi akan terus berlanjutnya pemulihan permintaan minyak mentah yang kuat pada tahun ini tetap tinggi dengan sudah melemahnya penyebaran Omicron secara internasional dan tidak dipandang sebagai pukulan jangka Panjang.

Kedua, isu supply dari OPEC+ yang selama ini menjadi tema utama, dimana negara-negara produsen minyak yang lebih kecil di kartel minyak ini harus berjuang untuk bisa memenuhi kuota produksi yang meningkat.

Selain itu ketegangan geopolitik juga menambah dorongan naik terhadap harga minyak mentah WTI. Pemberontak Yaman yang didukung oleh Iran baru-baru ini kembali menyerang Uni Emirat Arab dengan drone, dekat Strait of Hormuz yang merupakan lokasi kunci produksi minyak global.

“Support” terdekat menunggu di $82.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $81.49 dan kemudian 80.33. “Resistance” yang terdekat menunggu di $83.05 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $84.15 dan kemudian $85.80.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here