PT WIR ASIA Tbk (WIRG), Perusahaan yang Bergerak di Bidang Metaverse Resmi Melantai di BEI

2887

(Vibiznews – IDX) – PT WIR ASIA Tbk perusahaan yang bergerak di bidang Jasa teknologi informasi termasuk bidang multimedia, telekomunikasi, dan periklanan melakukan listing perdana sahamnya di Bursa Efek Indonesia hari Senin (4/04/2022) dengan kode saham WIRG. Perseroan ini menjadi perusahaan tercatat ke 13 di tahun 2022 yang mencatatkan sahamnya di BEI.

Perseroan menawarkan kepada masyarakat sebanyak 2,33 miliar lembar saham, setara dengan 20,00 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO, dengan harga Rp168 per lembar sahamnya.

Perseroan secara bersamaan juga menerbitkan 771,23 juta Waran Seri I yang diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru. Setiap pemegang 10 saham baru berhak memperoleh 3 Waran Seri I di mana setiap 1 Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru Perseroan yang dikeluarkan dalam portepel.

Direktur Utama PT WIR ASIA Tbk, Michel Budi Wirjatmo, mengatakan dana yang diperoleh dari IPO ini sebesar Rp Rp431,9 miliar. Dana hasil IPO seluruhnya digunakan untuk belanja modal, modal kerja, serta pengembangan usaha Perseroan dan/atau perusahaan anak, khususnya dalam mengembangkan teknologi yang berbasis pada Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI). Dengan keahlian dan pengalaman WIR Group memberikan solusi bagi klien-klien di dalam maupun di luar negeri, kami optimistis bisa terus memberikan nilai tambah bagi pemegang saham dan berkontribusi dalam pengembangan ekonomi digital di Indonesia.

Sementara dana yang diperoleh dari hasil pelaksanaan Waran Seri I sekitar 88,88% akan diberikan kepada perusahaan anak, yaitu VMR, untuk belanja modal dan modal kerja. Lalu, sisanya akan digunakan oleh Perseroan untuk belanja modal dan modal kerja.

Mengenal bisnis perseroan, PT WIR ASIA Tbk merupakan perusahaan Jasa teknologi informasi termasuk bidang multimedia, telekomunikasi, dan periklanan melalui Perusahaan Anak serta periklanan. Pada tahun 2021, Perseroan menjadi salah satu perusahaan, dan satu-satunya dari Indonesia yang patut dicermati di tahun 2022 sebagai salah satu perusahaan yang berkontribusi pada perkembangan ekosistem metaverse dunia yang dibahas pada media bisnis internasional.