Kepercayaan Pembangun di Pasar Perumahan AS Menurun

206

(Vibiznews – Property) Tingkat hipotek yang meningkat tajam berdampak pada pembangun rumah nasional, karena konstruksi baru yang sudah mahal menjadi semakin tidak terjangkau.

Kepercayaan pembangun di pasar untuk rumah keluarga tunggal baru turun 2 poin menjadi 77 di bulan April, menurut National Association of Home Builders/Wells Fargo Housing Market Index. Setiap angka di atas 50 dianggap sebagai sentimen positif, tetapi angka tersebut menandai penurunan empat bulan berturut-turut untuk indeks, yang berada di 83 pada April 2021.

Dari tiga komponen indeks, kondisi penjualan saat ini turun 2 poin menjadi 85. Lalu lintas pembeli turun 6 poin menjadi 60, dan ekspektasi penjualan dalam enam bulan ke depan meningkat 3 poin menjadi 73 menyusul penurunan 10 poin di bulan Maret.

“Meskipun persediaan yang ada rendah, pembangun melaporkan lalu lintas penjualan dan kondisi penjualan saat ini telah menurun ke titik terendah sejak musim panas lalu karena lonjakan tajam dalam tingkat hipotek dan gangguan rantai pasokan yang terus-menerus terus mengganggu pasar perumahan,” kata Ketua NAHB Jerry Konter, seorang pembangun dan pengembang dari Savannah, Georgia.

Tingkat rata-rata hipotek tetap 30 tahun berdiri di sekitar 3,90% pada awal Maret, dan sekarang naik menjadi 5,15%, menurut Mortgage News Daily. Itu adalah tingkat tertinggi dalam lebih dari satu dekade. Tingkat secara longgar mengikuti imbal hasil pada Treasury 10-tahun AS, yang telah meningkat.

Tingkat hipotek yang meningkat hanya memperburuk harga tinggi untuk rumah baru dan yang sudah ada. Harga rata-rata rumah yang baru dibangun di bulan Februari naik lebih dari 10% dari tahun sebelumnya.

“Pasar perumahan menghadapi titik belok karena kenaikan suku bunga yang tak terduga, kenaikan harga rumah dan kenaikan biaya material telah secara signifikan menurunkan kondisi keterjangkauan perumahan, terutama di pasar entry-level yang penting,” kata Kepala Ekonom NAHB Robert Dietz.

Secara regional, pada rata-rata pergerakan tiga bulan, sentimen pembangun di Timur Laut naik 1 poin menjadi 72. Di Midwest turun 3 poin menjadi 69, di Selatan turun 2 poin menjadi 82 dan di Barat turun 1 poin menunjuk ke 89.