Nikkei 11 Mei Ditutup Mixed dengan Topix Masih Tertekan

160
Photo by Vibizmedia
(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Jepang berhasil menghentikan kerugian yang dialami sejak awal pekan dengan kenaikan indeks pada perdagangan yang berakhir Rabu (11/5/2022). Indeks Nikkei rebound dari posisi terendah 2 bulan oleh aksi bargain hunting saham perusahaan yang punya prospek optimis. 
Namun kenaikan hanya moderat karena investor tetap berhati-hati terhadap kejutan kenaikan menjelang rilis data inflasi AS, menunggu konfirmasi bahwa data indeks harga konsumen AS telah mencapai puncaknya sebelum membuat taruhan besar.
                   Berita Nikkei lainnya di Telegram Vibiznews

Indeks harian Nikkei ditutup naik 87,4 poin atau 0,18% menjadi 26.214. Namun untuk indeks Topix masih lemah dengan turun 0,6% menjadi 1.851.  Demikian indeks Nikkei berjangka bulan Mei 2022 bergerak negatif  dengan turun  20 poin atau 0,08% ke posisi 26250.

Penguatan Nikkei ditopang beberapa saham unggulan seperti lonjakan saham Yusen (5,4%), Tokyo Electron (2,8%), Nippon Steel (6,9%), Fast Retailing (1,7%) dan Daikin Industries (4%). Saham Sony Group melonjak 2,1% setelah perusahaan mengumumkan buyback saham senilai $1,5 miliar, karena laba operasinya meningkat lebih dari dua kali lipat sebagian besar berkat penjualan PlayStation.

Saham Nintendo juga naik 3,3% setelah perusahaan pembuat videogame tersebut mengumumkan pemecahan saham 10-1 efektif 1 Oktober.  Sementara itu, terjadi pergerakan sebaliknya pada saham-saham yang terkait dengan sektor keuangan dan jasa.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting