Harga Tembaga Turun ke Harga Terendah 7 Bulan

236

(Vibiznews – Commodity) – Harga tembaga turun pada penutupan pasar hari Kamis ke harga terendah 7 bulan, karena kekhawatiran dengan pertumbuhan ekonomi global melambat   permintaan akan logam industri berkurang.

Harga tembaga di London Metal Exchange (LME) turun 3.5% menjadi $9,017 per ton dan turun 17% dari rekor tertinggi $10,845 pada bulan Maret.

Harga timah juga turun 8% menjadi $32,900 per ton.

Dengan kenaikan inflasi dan tingkat bunga yang meningkat membuat kekhawatiran pertumbuhan ekonomi melambat akan menekan harga minyak mentah dan pasar modal turun ke terendah 1 ½ tahun.

Dolar mencapai kurs tertinggi 20 tahun terhadap sekeranjang mata uang lainnya, sehingga harga logam menjadi mahal bagi pembeli dengan mata uang lainnya. Kekhawatiran akan permintaan logam menjadi berkurang.

Lockdown covid di Cina, negara konsumen terbesar dari logam industri, Invasi Rusia ke Ukraina dan kenaikan suku bunga yang agresif akan mengganggu outlook dari perekonomian dan permintaan akan logam industri, sehingga terjadi penjualan dalam jangka pendek.

Tembaga digunakan untuk pembangkit listrik dan konstruksi dan digunakan untuk transisi dari bahan bakar fossil ke listrik.

Indeks Harga konsumen di Amerika naik 8.3% dari tahun lalu pada bulan April, sehingga mendorong kenaikan dari tingkat suku bunga.

Bank Sentral di Inggris dan Uni Eropa juga menyarankan untuk menaikkan suku bunga. Pertumbuhan ekonomi Inggris turun 0.1% di bulan Maret.

Kurs Yuan melemah terhadap dolar ke kurs terendah sejak September 2020, sehingga harga logam mahal di Cina.

Sunac Cina yang merupakan pengembang Properti Cina terbaru yang gagal membayar obligasi sehingga menambah kegagalan pembayaran hutang di sektor ini

Pemerintah Cina sedang merencanakan untuk membuat kebijakan-kebijakan yang menopang pertumbuhan ekonomi.

Hasil pengolahan Zinc dari 52 smelter utama di Cina naik di bulan April dibanding bulan sebelumnya.

Harga logam industri lainnya:

  • Harga aluminium di LME turun 1.6% menjadi $2,733 per ton
  • Harga zinc turun 3.6% menjadi $3,535
  • Harga nikel turun 0.45 menjadi $27,700
  • Harga Lead turun 1.7% menjadi $2,082.

Analisa tehnikal untuk tembaga dengan support pertama di $8,943 kemudian ke $8,903 sedangkan resistant pertama di $9,133 dan berikut ke $9.173

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting