Rekomendasi EUR/USD 13 Mei 2022: Stabil di 1.0400 karena Saham AS Rebound

614

(Vibiznews – Forex) Sellers sempat memegang kontrol atas matauang bersama Eropa dan menyeret EUR/USD turun ke kerendahan baru di bawah 1.0400 di sekitar 1.0393 kembali ke kerendahan di Januari 2017. Keengganan terhadap resiko yang disebabkan oleh meningkatnya ketegangan geopolitik telah membuat dollar AS yang safe-haven menguat.

Namun dalam perdagangan selanjutnya, EUR/USD berhasil bangkit dari kerendahan beberapa tahun dan diperdagangkan di atas 1.0400 di sekitar 1.0407, dengan rebound-nya saham – saham AS. Indeks saham utama di bursa saham Wall Street mengalami rebound dari kerendahan pembukaan dan membuat dollar AS harus berjuang untuk dapat terus kuat. Hal ini membantu pasangan matauang EUR/USD membatasi kerugiannya dan sedikit naik.

AS mempublikasikan angka inflasi berikutnya pada hari Kamis, Producer Price Index (PPI)  bulan April yang naik 0.5% dari bulan Maret setelah kenaikan 1.4% dari bulan Februari ke bulan Maret yang memicu penurunan dari indeks dollar AS.

Namun permintaan obligasi yang moderat membuat yields obligasi Jerman 10 tahun turun ke sub area 0.90% pada hari Kamis.

Dollar AS memperpanjang kenaikannya, diuntungkan oleh arus “risk-off” dengan indeks dollar AS diperdagangkan pada level tertinggi dalam dua dekade mendekati 104.30.

Pasar menghindarkan diri dari assets yang lebih beresiko ditengah meningkatnya kekuatiran atas naiknya inflasi dan ketakutan melambatnya pertumbuhan ekonomi global setelah angka inflasi CPI AS memperkuat kebenaran pengetatan kebijakan moneter oleh the Fed. Selanjutnya, lockdown Cina karena Covid yang menambah krisis rantai supply membuat kepercayaan investor berkurang.

Pada pembukaan perdagangan sesi AS, sentimen “risk-off” di pasar terus berlanjut yang terefleksi dalam penurunan S&P 500 berjangka sebesar 0.50%. Permintaan terhadap dollar AS yang tidak tertahankan kemungkinan akan terus menekan EUR/USD.

AS mempublikasikan angka inflasi berikutnya pada hari Kamis, Producer Price Index (PPI)  bulan April yang naik 0.5% dari bulan Maret setelah kenaikan 1.4% dari bulan Februari ke bulan Maret.

“Support” terdekat menunggu di 1.0385  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0340 dan kemudian 1.0295. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0470 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0510 dan kemudian 1.0550.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.