UPDATE Rekomendasi Minyak 13 Mei 2022: Memperpanjang Kenaikan di Tengah Membaiknya Saham Global.

363

(Vibiznews – Commodity) Pada hari Jumat harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex melanjutkan kenaikannya dari $105.20 ke $107.74 per barel.

Rebound yang terjadi pada pasar saham global ditengah berkurangnya keengganan terhadap resiko di pasar pada akhir minggu menjadi penyebab harga minyak mentah WTI berhasil melanjutkan kenaikannya.

Pasar saham global kebanyakan naik pada perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Banyak fokus terarah kepada memburuknya hubungan Rusia dengan Uni Eropa karena Finlandia dan Swedia semakin dekat untuk bergabung dengan NATO dan Jerman menuduh Rusia memakai ekspor energinya sebagai senjata perang. Hal ini membuat terus ada ketakutan akan dampak dari hilangnya output minyak Rusia akibat sanksi dari Barat.

Kombinasi dari kedua hal di atas membuat para pembeli minyak dari bawah berdatangan kembali ke pasar minyak mentah WTI pada saat harga minyak mentah WTI sudah turun mendekati $100.

“Support” terdekat menunggu di $104.20 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $103.41 dan kemudian $102.13. “Resistance” yang terdekat menunggu di $108.11 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $109.98 dan kemudian $114.92.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Reseach Vibiz Consulting

Editor: Asido.