Bursa Eropa Bergerak Positif; Indeks DAX dan CAC Naik Melebihi 1 Persen

360

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada hari Selasa dengan pasar global mencoba membangun beberapa momentum positif yang terlihat pada awal minggu perdagangan baru.

Indeks Stoxx 600 Eropa bertambah 1,5% sekitar tengah hari, dengan saham teknologi naik 2,9% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE bergerak naik 0,87%. Indeks DAX bergerak melonjak 1,65%. Indeks CAC bergerak meningkat 1,16%.

Sesi positif untuk pasar kawasan datang setelah saham Eropa berjuang untuk mendapatkan momentum positif pada hari Senin, dan untuk pulih dari volatilitas minggu lalu.

Sentimen pasar juga meningkat di Asia-Pasifik, di mana saham lebih tinggi pada perdagangan Selasa karena saham Hong Kong memimpin kenaikan secara regional. Indeks saham berjangka AS melonjak pada awal perdagangan pra-pasar, menyusul sesi bergejolak yang membuat S&P 500 dan Nasdaq Composite melanjutkan penurunannya.

Perang di Ukraina tetap menjadi fokus utama sentimen pasar di Eropa, dengan pertempuran berkecamuk di timur dan tenggara negara itu.

Pada hari Senin, muncul berita bahwa lebih dari 260 pejuang Ukraina, termasuk beberapa yang terluka parah, dievakuasi dari pabrik baja Azovstal – benteng terakhir bagi pasukan Ukraina di kota Mariupol yang hancur – dan dibawa ke daerah-daerah di bawah kendali Ukraina.

Dengan Finlandia dan Swedia sama-sama mengumumkan tawaran mereka untuk bergabung dengan aliansi militer Barat NATO, semua mata tertuju pada Rusia dan bagaimana reaksinya. Moskow telah menyatakan kemarahannya atas gagasan musuh lamanya NATO berkembang, dan Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin bahwa perluasan NATO “adalah masalah.” Sementara Rusia telah bersumpah akan melakukan langkah pembalasan, tidak pasti bagaimana tindakannya.

Di sisi data, pengangguran Inggris turun ke level terendah sejak 1974 pada kuartal pertama, angka resmi diungkapkan Selasa, tetapi melonjaknya inflasi mendorong upah turun.

PDB zona euro tumbuh 0,3% pada kuartal pertama, angka Eurostat terungkap pada hari Selasa, karena aktivitas ekonomi tetap tangguh meskipun ada efek dari varian Covid-19 omicron dan invasi Rusia ke Ukraina.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, Clariant naik lebih dari 8% untuk memimpin Stoxx 600 setelah perusahaan kimia Swiss tersebut mengumumkan bahwa laporan pendapatan setahun penuh yang tertunda akan diterbitkan pada 19 Mei, dan akan mengakhiri perjanjian tata kelola dengan perusahaan terbesar pemegang saham Saudi Basic Industries Corporation (SABIC).

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, perusahaan investasi Swedia Storskogen Group turun 6,5% setelah hasil kuartal pertama.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa Wall Street, yang jika terus positif, maka akan mendorong kenaikan bursa Eropa. Juga akan mencermati perkembangan konflik Rusia-Ukraina dan pidato pejabat The Fed, yang jika memberikan sinyal hawkish akan dapat menekan bursa Eropa.