Kekuatan Nikkei 17 Mei Ditopang Lonjakan Saham Tambang Yang Naik 19% Lebih

172
Vibizmedia Photo
(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Jepang kembali cetak gain melanjutkan kekuatan 2 sesi berturut sebelumnya pada  perdagangan hari Selasa (17/5/2022) mengikuti isyarat beragam dari bursa Wall Street semalam.  Indeks Nikkei bergerak fluktuatif sejak awal sesi dan ditutup memperpanjang posisi tertinggi sepekan yang banyak disumbang kekuatan saham energi dan tambang.
Sentimen investor optimis di tengah berita bahwa Shanghai berencana untuk membuka kembali secara bertahap setelah menghabiskan lebih dari enam minggu dalam lockdown setelah data ekonomi terbaru menunjukkan kontraksi tajam dalam aktivitas ekonomi China.
                   Berita Nikkei lainnya di Telegram Vibiznews

Indeks harian Nikkei ditutup naik 105.68 poin atau 0,42% menjadi ditutup pada 26.660. Namun untuk indeks Topix naik 0,19% menjadi 1.867.  Demikian indeks Nikkei berjangka bulan Juni 2022 bergerak positif  dengan naik 150 poin atau 0,57% ke posisi 26630.

Penguatan Nikkei disumbang oleh kekuatan tambang seiring kenaikan harga komoditas global, seperti saham Mitsui Matsushima (19,2%), Nippon Steel (2,9%), Eneos Holdings (3,2%) dan Inpex Corp (4,9%).

Sementara itu pergerakan sebaliknya terjadi pada saham teknologi, konsumen dan perawatan kesehatan yang melemah. Saham Grup Asahi anjlok 12% setelah perusahaan makanan dan minuman itu membukukan penurunan pendapatan karena kenaikan bahan baku dan biaya lainnya.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting