Sinergi BI Bangkitkan UMKM Melalui Karya Kreatif Indonesia 2022

262
Sumber: Kemenkeu

(Vibiznews – Banking & Insurance) – UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia dan sebagai agen kebangkitan ekonomi memerlukan dukungan peningkatan kapasitas, pembiayaan, dan pemasaran baik lokal dan internasional, bagi produknya yang kian berkualitas. Sinergi lintas Kementerian dan Lembaga serta industri tak henti dilakukan guna memajukan UMKM Indonesia khususnya dalam periode pasca-pandemi.

Bank Indonesia (BI) bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian BUMN, dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mempersembahkan perhelatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 sebagai panggung bersama ajang selebrasi kebangkitan dan pemulihan UMKM.

KKI tahun ini mengusung tema “UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan” dengan tagar #BersamaUMKMBangkit dan #UMKMgodigital_goglobal. Acara ini dilaksanakan secara daring sepanjang 18-29 Mei 2022 dan luring pada 26-29 Mei 2022 melalui pameran yang diramaikan oleh lebih dari 200 UMKM dari seluruh Indonesia baik binaan BI maupun 6 Kementerian tersebut di atas di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC).

KKI yang diselenggarakan secara berkesinambungan sejak tahun 2016 ini merupakan strategi bersama mendorong inklusi keuangan, menghubungkan UMKM dengan pasar global, serta digitalisasi UMKM yang dilakukan salah satunya melalui penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam transaksi pembayaran. KKI 2022 merupakan sinergi dari berbagai Kementerian dan Lembaga, serta industri, khususnya sinergi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan Kemenko Marves.

Selain itu terdapat knowledge sharing dan fasilitasi kurasi dari Kemenkop UKM, serta perlindungan konsumen, tata tertib niaga dan konsultasi ekspor dari Kemendag. Kemenperin berkontribusi dengan menghadirkan klinik konsultasi desain merek, kemasan dan Hak Kekayaan Intelektual bagi para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM), serta Kementerian BUMN melalui fasilitasi akses pembiayaan dan sistem pembayaran UMKM serta knowledge sharing mengenai daya saing pasar global dan pembiayaan. Tidak ketinggalan Kemenparekraf turut membuka konsultasi mengenai Hak Kekayaan Intelektual bagi UMKM Kreatif serta sinergi kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI). Selain itu, sinergi juga dilakukan melalui keikutsertaan UMKM binaan Kementerian dalam showcase UMKM serta business matching ekspor dan pembiayaan.

Pada acara yang berlangsung pada 26-29 Mei 2022 di JCC, masyarakat dapat mengunjungi untuk melihat langsung dan membeli produk premium di pameran UMKM. Sementara UMKM dapat melakukan konsultasi yang disediakan oleh Bank Indonesia dan Kementerian di atas maupun melakukan business matching guna mendapatkan pembiayaan dan akses menuju pasar global. Paralel dengan kegiatan tersebut, akan dilaksanakan acara hybrid seperti webinar wirausaha perempuan dan keuangan inklusif, talkshow digital, selebrasi UMKM, dan pagelaran karya kreatif yang menampilkan produk olahan kain nusantara sehingga bernilai tambah tinggi.

Melalui sinergi yang melibatkan baik sejumlah mitra utama maupun mitra pendukung seperti Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), perbankan, marketplace, industri, agregator, serta asosiasi dan komunitas, seluruh Kementerian dan Lembaga yakin KKI dapat mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI) serta Presidensi Indonesia pada G20 dalam mewujudkan semangat “Recover Together, Recover Stronger”.

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting