Nikkei 18 Mei Lebih Tinggi Merespon Kontraksi Data PDB Jepang

194
ekonomi jepang
(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Jepang ditutup lebih tinggi merespon rilis data PDB Jepang pada perdagangan hari Rabu (18/5/2022) melanjutkan gain sesi sebelumnya.  Indeks Nikkei menanjak ke posisi tertinggi hampir dua pekan yang juga imbas keuntungan saham teknologi Wall Street semalam.
Data PDB Jepang hari ini menunjukkan ekonomi Jepang mengalami kontraksi kurang dari yang diharapkan pada kuartal pertama tahun 2022. PDB menyusut 0,2% qoq  dibandingkan dengan konsensus pasar dari penurunan 0,4% dan lebih rendah dari kenaikan 0,9% di Q4.
Ekonomi Jepang menyusut untuk pertama kalinya dalam dua kuartal karena pembatasan Covid-19 menghantam sektor jasa, sementara itu dampak perang Ukraina mengakibatkan lonjakan harga komoditas semakin membebani konsumen dan bisnis.
                   Berita Nikkei lainnya di Telegram Vibiznews

Indeks harian Nikkei ditutup naik 242 poin atau 0,94% menjadi  26.911. Namun untuk indeks Topix naik 0,96% menjadi 1.885.  Demikian indeks Nikkei berjangka bulan Juni 2022 bergerak positif  dengan naik 230 poin atau 0,86% ke posisi 26860.

Penguatan Nikkei disumbang oleh kekuatan saham teknologi seperti saham Tokyo Electron (2,9%), Renesas Electronics (3,7%) dan Fujitsu (4,4%). Demikian juga saham perusahaan konsumen, manufaktur dan industri juga menambahkan poin.

Sementara itu, investor mengamati reaksi pasar terhadap komentar dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell tentang tekad bank sentral AS untuk menaikkan suku bunga sampai inflasi mereda.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting