Apple Sediakan Berbagai Fitur Baru untuk Penyandang Disabilitas

45

(Vibiznews – Technology) Apple baru-baru ini mengumumkan banyak fitur aksesibilitas baru untuk produknya yang dapat membantu para penyandang cacat.

Salah satu fitur utama adalah teks langsung untuk video untuk iPhone, iPad, dan Mac. Artinya, orang yang mengalami gangguan pendengaran, atau siapa saja yang ingin menonton video dengan volume mati, akan melihat teks di bagian bawah layar yang dapat mereka baca bersama. Apple mengatakan itu dapat digunakan pada layanan streaming, panggilan FaceTime, dan aplikasi konferensi video lainnya. Fitur serupa sudah tersedia di sistem operasi Google Android.

Perangkat lunak ini akan diluncurkan akhir tahun ini.

Apple juga memperkenalkan fitur baru Door Detection yang dapat membantu pengguna iPhone atau iPad tunanetra atau rabun menemukan pintu jika mereka tidak terbiasa dengan area tersebut. Alat ini juga dapat menggambarkan apakah pintu terbuka atau tertutup dan apakah dapat dibuka dengan mendorong, menarik atau memutar kenop. Ini menggunakan teknologi lidar dan pembelajaran mesin untuk beroperasi. Lidar tersedia di model iPhone Pro dan iPad Pro.

Di antara fitur lainnya, Apple juga menambahkan cara bagi penyandang disabilitas untuk mencerminkan fitur bantu mereka di iPhone ke Apple Watch mereka, mendapatkan peringatan di iPhone mereka ketika mendengar bel pintu atau alat berbunyi bip dan banyak lagi.