Klaim Pengangguran AS Tak Terduga Meningkat

81
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Klaim baru untuk tunjangan pengangguran AS secara tak terduga naik minggu lalu, tetapi pasar tenaga kerja tetap ketat di tengah kekurangan pekerja, dengan jumlah orang Amerika yang menganggur pada level terendah sejak 1969 pada awal Mei.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara meningkat 21.000 menjadi 218.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 14 Mei, level tertinggi sejak Januari, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada Kamis. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan 200.000 aplikasi untuk minggu terakhir.

Meskipun klaim sebagian besar telah turun sejak mencapai level terendah lebih dari 53 tahun di 166.000 pada bulan Maret, pasar tenaga kerja dengan cepat ketat dan menghasilkan kenaikan upah yang kuat yang membantu mengipasi inflasi secara keseluruhan dalam perekonomian.

Tekanan harga yang tinggi telah memaksa Federal Reserve untuk mengambil sikap kebijakan moneter yang agresif.

Bank sentral AS telah menaikkan suku bunga kebijakannya sebesar 75 basis poin sejak Maret. The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar setengah poin persentase pada setiap pertemuan berikutnya pada bulan Juni dan Juli.

Ada rekor 11,5 juta lowongan pekerjaan pada akhir Maret. Klaim turun dari level tertinggi sepanjang masa 6,137 juta pada awal April 2020.

Data minggu lalu mencakup periode di mana pemerintah mensurvei pengusaha untuk bagian nonfarm payrolls dari laporan ketenagakerjaan bulan Mei. Klaim naik antara periode survei April dan Mei. Gaji meningkat sebesar 428.000 pada bulan April, bulan ke-12 berturut-turut dari kenaikan pekerjaan lebih dari 400.000.

Data minggu depan tentang tingkat pengangguran pada pertengahan Mei, akan lebih menjelaskan keadaan pertumbuhan pekerjaan bulan ini.

Jumlah orang yang menerima manfaat setelah minggu awal bantuan turun 25.000 menjadi 1,317 juta selama pekan yang berakhir 7 Mei. Itu adalah level terendah untuk apa yang disebut klaim berkelanjutan sejak Desember 1969.