Pentingnya Digitalisasi Customs yang Andal Untuk Layanan Cepat dan Efisien

346
Sumber: Kemenkeu

(Vibiznews – Economy & Business) – Tak dapat disangkal pandemi Covid yang berkepanjangan banyak mengubah kehidupan kita pada umumnya di mana mobilitas berkurang maka aktivitas online meningkat di segala sektor. Hal ini tentu saja membantu mempercepat transformasi digital dengan cara yang belum pernah ada dan sangat cepat. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa digitalisasi merupakan salah satu upaya yang dapat mengubah kegiatan ekonomi dunia. Menghadapi itu, Bea Cukai perlu menyesuaikan dan merangkul konsep digital di banyak bidang pekerjaan.

“Kita perlu membangun infrastruktur digital yang andal. Pemerintah berperan sangat penting dalam investasi di bidang perdagangan dan infrastruktur digital, termasuk digital customs,” ungkap Menkeu dalam konferensi bersama delegasi World Customs Organization (WCO), Rabu (18/05).

Menkeu berharap, penerapan otomatisasi proses bisnis dapat meminimalisir duplikasi prosedur dan human error untuk memberikan layanan yang cepat dan efisien, terutama saat terjadi gangguan. Kementerian Keuangan menerima dengan baik bagaimana pengembangan model bisnis maupun tata cara membangun tata kelola digital.

“Kami sangat setuju bahwa ini era teknologi dan informasi digital. Saya juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada WCO karena menempatkan inovasi dan teknologi sebagai elemen yang penting,” ujar Menkeu.

Menkeu mengakui bahwa data merupakan hal yang sangat penting. Hal tersebut membentuk pola dan tren bagaimana kemudian dapat membantu Pemerintah dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengambilan keputusan yang dapat mempengaruhi ekonomi masyarakat pada umumnya. Jadi percepatan transformasi digital perlu dibarengi dengan penguatan dan pembangunan ekosistem data.

 

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting