Harga Kopi Naik, Harga Gula dan Kakao Masih Turun Pada Penutupan Pasar hari Kamis

167

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk Soft Commodities pada hari Kamis 19 Mei 2022, Harga Soft Commodities naik , Harga kopi Arabika naik, menguatnya real Brazil , harga kopi Robusta naik , harga gula turun ,  produksi gula India meningkat, harga kakao turun cuaca mendukung akan produksi kakao  di Ivory Coast dan Ghana.

Inilah penutupan pasar pada hari Kamis untuk soft commodities :

Kopi

Harga kopi Arabika Juli di ICE New York naik $1.10 (0.51%) menjadi $218.70 dan harga kopi Robusta Juli di iCE London 0.82%.

Harga kopi naik pada penutupan pasar pada hari Kamis karena menguatnya kurs real Brazil ke kurs tertinggi 2 ½ minggu terhadap dolar. Pada awal pasar harga kopi turun karena Conab menaikkan perkiraan hasil panen kopi Brazil 2022 menjadi 53.4 juta kantong dari perkiraan sebelumnya 47.7 juta kantong.

Gula

Harga gula Juli di ICE New York turun 6 sen (0.30%) menjadi $19.77 dan harga gula Agustus di ICE London turun 0.40%.

Pada penutupan pada hari Kamis harga gula turun, karena kenaikan hasil gula di India, menurut data dari the Indian Sugar Mills Association (ISMA) melaporkan produksi gula India 2021/22 dari 1 Oktober – 15 Mei naik 14.4% dari tahun lalu menjadi 34.88 MMT.

Kakao

Harga kakao Juli di ICE New York turun $13 (0.53%) menjadi $2,457 per ton dan harga kakao Juli di ICE London turun 1.47%.

Harga kakao pada hari Kamis turun karena melimpahnya persediaan kakao pada tahun ini di Afrika Barat. Petani kakao di Ivory Coast dan Ghana, dua negara penghasil kakao terbesar di dunia mengatakan cuaca sangat menguntungkan sehingga dapat meningkatkan hasil panen kakao.

Menguatnya GBP/USD naik ke kurs tertinggi 2 minggu. Menguatnya GBP membuat harga kakao turun.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting