Harga Minyak Dunia 7 Juni Masih Terus Akan Merosot

99

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak mentah masih terus merosot di pasar komoditas sesi Eropa  hari Selasa (7/6/2022) oleh profit taking lanjutan setelah sempat mencapai posisi tertinggi 14 tahun. Terpantau kedua benchmark harga minyak dunia baik WTI dan juga Brent sedang terkoreksi setelah sempat rebound di sesi Asia.

Investor mencoba menilai prospek permintaan bahan bakar global dikarenakan kenaikan suku bunga di seluruh dunia kemungkinan akan merugikan belanja konsumen sementara pelonggaran pembatasan covid di China diperkirakan akan mendukung permintaan bahan bakar.

Pasar minyak mentah tetap ketat dengan keputusan OPEC+ untuk menaikkan produksi untuk Juli dan Agustus sebesar 648.000 barel per hari, atau 50% lebih banyak dari yang direncanakan sebelumnya, tidak banyak membantu meredakan kekhawatiran pasokan karena banyak anggota tidak akan dapat meningkatkan produksi.

Selain itu  Arab Saudi juga menaikkan harga minyak mentah Juli untuk pembeli Asia ke tingkat yang lebih tinggi dari perkiraan.

Harga minyak mentah WTI untuk kontrak berjangka bulan Juni 2022 melemah 0,27% ke posisi US$118.16 per barel setelah dibuka pada posisi US$119.10, sedangkan untuk minyak acuan dunia atau jenis Brent melemah 0,39%  ke posisi US$119.05 per barel. Untuk pergerakan selanjutnya hingga penutupan sesi Amerika diperkirakan akan terus melemah.