Bursa Jepang Pulihkan Kinerja Mingguannya, Melonjak Hampir 2 Persen

99

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Jepang berhasil memperbaiki kinerja mingguannya pada pekan ini dengan cetak gain cukup signifikan setelah akhir sesi hari Jumat  (24/6/2022) menguat. Indeks Nikkei harian ditutup pada posisi tertinggi sepekan lebih dan secara mingguan menguat hampir 2 persen.

Kekuatan Nikkei berasal dari aksi bargain hunting saham teknologi dan healthcare yang dipengaruhi oleh keuntungan perdagangan saham teknologi Wall Street semalam. Penguatan saham berlanjut meski investor terus mempertimbangkan kekhawatiran tentang kemungkinan resesi global dan mencerna rilis data inflasi Jepang yang masih tinggi.

Indeks harian Nikkei ditutup naik 293 poin atau 1,23% menjadi ditutup pada 26.492, secara mingguan naik 1,96%. Demikian indeks Topix naik 0,81% menjadi 1.867. Untuk indeks Nikkei berjangka bulan Juli 2022  bergerak positif dengan ditutup menguat 360 poin atau 1,38% ke posisi 26480.

Secara sektoral, keuntungan Nikkei banyak disumbang oleh saham teknologi yang dipimpin oleh saham Tokyo Electron (34%), SoftBank Group (2,4%) dan Lasertec (6,2%). Saham perawatan kesehatan juga naik, termasuk saham Shionogi & Co (5%) dan Daiichi Sankyo (2,3%).

Sementara itu, saham produsen mobil menurun dengan saham Toyota Motor dan Subaru masing-masing anjlok 0,7% dan 2,9%, setelah kedua perusahaan mengumumkan penarikan kendaraan listrik produksi massal pertama mereka untuk pasar global karena risiko roda bisa lepas.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting