Harga Tembaga Turun Ke Harga Terendah 16 Bulan

144

(Vibiznews – Commodity) – Harga tembaga turun ke harga terendah 16 bulan pada penutupan pasar hari Kamis karena kenaikan dari tingkat suku bunga dan melemahnya data ekonomi membuat kekhawatiran akan penurunan ekonomi global yang akan mengurangi permintaan akan logam industri.

Harga tembaga di London Metal Exchange (LME) turun 4.3% menjadi $8,397 per ton penurunan terbesar satu hari sejak Maret 2020.

Harga tembaga turun 20% dari rekor harga tertinggi $10,845 pada bulan Maret.
Kekhawatiran akan resesi semakin meningkat sehingga mendorong aksi jual logam industri termasuk tembaga maupun di pasar modal.

Kenaikan suku bunga yang agresif mendorong harga tembaga turun, namun diperkirakan pada lima tahun ke depan harga tembaga bisa lebih tinggi karena transisi bahan bakar fosil ke listrik. Tembaga digunakan untuk membuat kabel untuk peralatan listrik.

Bank – bank sentral menaikkan suku bunga untuk mengendalikan inflasi yang melonjak sehingga pertumbuhan ekonomi terhambat

Ketua the Feds Jerome Powell pada hari Rabu mengatakan akan berkomitmen untuk mengendalikan inflasi walaupun dengan risiko penurunan ekonomi.

Pertumbuhan industri melemah dari Asia sampai Eropa, pasar modal dan harga minyak mentah turun.

Logam industri Lain :

Zinc : Persediaan Zinc di gudang LME turun 2/3 nya ke jumlah terendah 24 tahun. Dengan persediaan zinc yang sedikit maka harga zinc tunai dengan kontrak tiga bulan sebesar $218 per ton tertinggi sejak 1997.

Harga zinc berjangka di LME turun 1.8% menjadi $3,478.50, zinc dipakai untuk membuat stainless steel.

Pasar zinc dan lead global surplus di bulan April menurut data the International Lead and Zinc Study Group.

Harga logam industri lainnya:

  • Harga aluminium turun 0.3% menjadi $2,478.50 per ton
  • Harga nikel turun 1.4% menjadi $24,110
  • Harga lead turun 3.3% menjadi $1,953
  • Harga timah turun 9.6% menjadi $26,28 per ton, pedagang mengatakan pasar timah sedikit dan tidak likuid seperti logam yang lain sehingga penjualan terjadi membuat harga turun.

Analisa tehnikal untuk Tembaga dengan support pertama di $ berikut ke $8,365 berikut ke $8,316 sedangkan resistant pertama di $8,403 Dan berikut ke $8,453.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting