Harga Rumah di AS Bulan April Sedikit Menurun

87

(Vibiznews – Property) Kenaikan harga rumah sedikit melambat di bulan April. Harga naik 20,4% secara nasional di bulan April dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, menurut Indeks S&P CoreLogic Case-Shiller. Pada bulan Maret, harga rumah tumbuh 20,6%. Perlambatan kecil terakhir terjadi pada November tahun lalu.

Peningkatan tahunan gabungan 10 kota adalah 19,7%, naik dari 19,5% di bulan Maret. Komposit 20 kota membukukan kenaikan tahunan 21,2%, naik dari 21,1% di bulan sebelumnya.

Dalam perubahan dari lima bulan terakhir, ketika sebagian besar dari 20 kota mengalami kenaikan harga dari bulan ke bulan, hanya sembilan kota yang mengalami kenaikan harga lebih cepat di bulan April daripada yang mereka lakukan di bulan Maret. Kota-kota di Selatan terus mengalami kenaikan bulanan terkuat, termasuk Charlotte, Carolina Utara; Tampa, Florida; Atlanta, Dallas dan Miami.

“April 2022 menunjukkan tanda-tanda awal (meskipun tidak konsisten) dari perlambatan tingkat pertumbuhan harga rumah AS,” Craig Lazzara, direktur pelaksana di S&P DJI, menulis dalam sebuah rilis. “Kami terus mengamati kekuatan yang sangat luas di pasar perumahan, karena semua 20 kota mencatat kenaikan harga dua digit untuk 12 bulan yang berakhir pada April. Kenaikan harga di bulan April berada di peringkat teratas kuintil pengalaman historis untuk setiap kota, dan di desil teratas untuk 19 kota.”

Tampa, Miami dan Phoenix terus memimpin dengan kenaikan harga terkuat. Harga rumah Tampa naik, dengan kenaikan harga tahun-ke-tahun 35,8% yang menakjubkan, diikuti oleh Miami, dengan kenaikan 33,3%, dan Phoenix, dengan kenaikan 31,3%. Sembilan dari 20 kota melaporkan kenaikan harga yang lebih tinggi pada tahun yang berakhir April 2022 dibandingkan tahun yang berakhir Maret 2022.

Kota dengan kenaikan terkecil, meskipun masih dalam dua digit, adalah Minneapolis, Washington dan Chicago.

Tidak hanya kenaikan harga ini untuk bulan April, tetapi indeks adalah rata-rata pergerakan tiga bulan. Tingkat rata-rata hipotek tetap 30 tahun baru saja melewati batas 5% di bulan April setelah naik dari sekitar 3% di bulan Januari. Pada bulan Juni telah melampaui 6%.

“Kami mencatat bulan lalu bahwa pembiayaan hipotek menjadi lebih mahal karena Federal Reserve menaikkan suku bunga, sebuah proses yang baru saja dimulai ketika data April dikumpulkan,” kata Lazzara. “Lingkungan ekonomi makro yang lebih menantang mungkin tidak mendukung pertumbuhan harga rumah yang luar biasa lebih lama lagi.”

Pasar perumahan sudah mendingin, dengan penjualan yang lebih lambat dan laporan penurunan harga di antara beberapa penjual. Pasokan rumah untuk dijual juga terus meningkat, karena semakin banyak listing yang masuk ke pasar dan rumah yang sudah ada di sana lebih lama.