Amerika Serikat Alami Kontraksi Ekonomi di Kuartal Pertama Tahun 2022

137
wall street amerika

(Vibiznews – Economy) –   Departemen Perdagangan Amerika Serikat pada hari Rabu (29/6/2022) telah mengumumkan bahwa aktivitas ekonomi AS menyusut sedikit lebih dari perkiraan sebelumnya pada kuartal pertama tahun 2022.

Laporan tersebut menunjukkan penurunan produk domestik bruto riil pada kuartal pertama kontraksi menjadi turun 1,6 persen dari yang dilaporkan sebelumnya turun 1,5 persen.

Sebelum terjadi kontraksi,  PDB sebelumnya melonjak 6,9 persen dalam PDB pada kuartal keempat tahun 2021.

PDB AS turun lebih dari perkiraan sebelumnya karena peningkatan belanja konsumen selama kuartal tersebut  turun menjadi 1,8 persen dari 3,1 persen. Namun penurunan diimbangi oleh meningkatnya  investasi inventaris swasta.

Kemunduran PDB pada kuartal pertama tahun ini juga disebabkan oleh penurunan ekspor,  belanja pemerintah serta peningkatan impor.

Sementara itu, peningkatan investasi tetap non-perumahan, belanja konsumen dan investasi tetap residensial membantu membatasi penurunan.

Laporan tersebut juga menunjukkan tingkat tahunan pertumbuhan harga konsumen inti, yang tidak termasuk makanan dan energi, naik pada 5,2 persen.

Pertumbuhan harga konsumen pada kuartal pertama masih merupakan percepatan dari lonjakan 4,6 persen yang terlihat pada kuartal keempat, dengan harga melonjak pada tingkat tercepat sejak 1983.