Rekomendasi Emas 1 Juli 2022: Turun karena Faktor di luar Pasar Emas

703

(Vibiznews – Commodity) Harga emas diperdagangkan turun, jatuh ke kerendahan 6 minggu, pada awal perdagangan sesi AS hari Kamis. Harga emas tertekan oleh naiknya dollar AS dan turunnya harga minyak mentah.

Ketakutan akan resesi ekonomi dan berkurangnya permintaan dari konsumen emas juga membebani harga emas belakangan ini.

Emas berjangka kontrak bulan Agustus turun $12.90 ke $1,805.00 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan Juli turun $0.358 ke $20.325 per ons.

Pasar saham global kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun secara solid ketika perdagangan sesi New York dimulai pada hari terakhir perdagangan dari bulan Juni dan dari semester pertama tahun 2022. Laporan mengatakan bahwa S&P 500 akan ditutup pada kondisi setengah tahun terburuk sejak tahun 1970.

Minat terhadap resiko dari para trader dan investor menurun pada akhir dari minggu ini, setelah keluarnya data makro ekonomi consumer confidence AS dan angka GDP AS yang buruk.

Ketua the Fed Powell dan Presiden ECB Lagarde pada hari Rabu mengulangi pernyataan bahwa bank sentral mereka akan tetap menaikkan tingkat suku bunga meskipun ekonomi melambat. Belakangan ini, para trader di pasar kebanyakan menganggap potensi resesi ekonomi mengatasi kekuatiran akan inflasi, dalam menempatkan trading mereka.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,800 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,792 dan kemudian $1,780.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,822 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,834 dan kemudian $1,850.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido