Rekomendasi Minyak 1 Juli 2022: Berbalik Turun ke Sekitar $107.00

253

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada hari Kamis berbalik turun ke sekitar $105.60.

Harga minyak mentah WTI bergerak dalam rentang yang sempit pada awal perdagangan sesi Tokyo hari Kamis pagi. Minyak mentah berbalik turun dan selanjutnya bergerak sideways setelah jatuh dari ketinggian di $112.73 pada hari Rabu.

Investor telah melepaskan posisi beli mereka di tengah optimisme atas penambahan supply minyak mentah pada pertemuan OPEC hari Kamis. Harga minyak mentah WTI turun lebih dari 4% pada jam perdagangan sesi Asia dengan para bank sentral Barat menunjukkan keprihatinan atas proyeksi pertumbuhan karena cepatnya proses kenaikan tingkat bunga.

Namun para trader harus sadar akan fakta bahwa ekonomi global sedang beroperasi dalam pasar minyak yang sudah ketat. Sanksi terhadap Rusia setelah negara ini menyerbu Ukraina telah menahan sejumlah besar supply minyak global secara signifikan. Memperbaiki ketidakseimbangan dalam mekanisme demand-supply bukanlah pekerjaan yang mudah.

Namun, kartel minyak terbesar di dunia, OPEC akan melakukan yang terbaik untuk mengurangi ketidakseimbangan dan fokus kepada membawa stabilitas harga.

Perlu dicatat bahwa hanya ada dua negara dari kartel OPEC+ yang berpotensi merilis lebih banyak supply minyak yaitu Arab Saudi dan United Arab Emirates (UAE). Kedua negara ini telah menikmati masuknya arus dana yang lebih besar karena naiknya harga minyak dan bertambah tingginya supply.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $105.22 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $104.86 dan kemudian $103.83. “Resistance” yang terdekat menunggu di $106.25 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $107.08 dan kemudian $108.02.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.