Bursa Eropa Berakhir Sebagian Besar Naik Seiring Libur Pasar AS

257
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup sebagian besar lebih tinggi pada hari Senin, mengakhiri hari yang lebih tenang untuk pasar global seiring libur 4 Juli di Amerika Serikat.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup naik 0,6%, dengan saham minyak dan gas melonjak 4,1% untuk memimpin kenaikan karena sebagian besar sektor dan bursa utama diperdagangkan di wilayah positif. Saham teknologi melawan tren naik hingga turun 1%.

Indeks FTSE ditutup naik 0,89%. Indeks DAX ditutup turun -0,31%. Indeks CAC berakhir naik 0,4%.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, perusahaan minyak dan gas Harbour Energy, Shell dan BP semuanya naik hampir 5% untuk memimpin indeks blue-chip Eropa di tengah reli luas untuk saham energi.

Di ujung yang berlawanan, Uniper merosot lebih dari 27% ke dasar Stoxx 600 setelah laporan bahwa pemerintah Jerman sedang mempertimbangkan bailout negara dari perusahaan utilitas untuk membendung dampak Rusia mengurangi pasokan gas ke Eropa.

Pasar global mulai melakukan perdagangan pada paruh kedua tahun ini setelah paruh pertama – didominasi oleh kekhawatiran atas inflasi, perang di Ukraina dan potensi resesi global – berakhir pekan lalu.

Ada tanda-tanda pasar di Asia sedang berjuang untuk mendapatkan arah. Bursa saham Hong Kong jatuh karena pasar Asia-Pasifik beragam pada hari Senin menjelang keputusan bank sentral Australia dan Malaysia minggu ini.

Karena pasar A.S. ditutup untuk libur umum 4 Juli pada hari Senin, volume perdagangan diperkirakan akan jauh lebih tipis. Jumat lalu, saham AS naik pada awal kuartal baru setelah S&P 500 menutup kinerja semester pertama terburuk dalam beberapa dekade.

Tindakan bank sentral kembali mengemuka minggu ini. Bank of England menerbitkan Laporan Stabilitas Keuangan dua tahunan terbaru pada hari Selasa, sebelum Federal Reserve AS merilis risalah dari pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal terbaru pada hari Rabu dan Bank Sentral Eropa menerbitkan laporan diskusi kebijakan moneter terbaru pada hari Kamis.

KTT Keuangan Euro Frankfurt berlangsung Senin, dengan Wakil Presiden ECB Luis de Guindos dan Presiden Deutsche Bundesbank Joachim Nagel di antara pembicara utama.

Dalam hal data, harga produsen zona euro untuk Mei naik 0,7% dari April dan 36,3% tahun-ke-tahun, sedikit lebih rendah dari yang diharapkan oleh para ekonom.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Eropa masih dibayangi sentimen bearish kekhawatiran perlambatan ekonomi dan kenaikan suku bunga bank-bank sentral.