Harga Gandum Eropa Naik Pada Awal Minggu

197
gandum

(Vibiznews – Commodity) – Harga gandum Eropa pada hari Senin naik. Tutupnya pasar AS pada hari Senin Hari Kemerdekaan Amerika Serikat. Rusia memutuskan untuk memotong pajak ekspor, sehingga harga gandum lebih murah.  

Harga gandum September di Euronext Futures, Paris naik 2.8% menjadi 344 euro per ton. 

Harga gandum di Bursa Chicago  turun pada minggu terakhir kembali ke harga sebelum invasi Rusia ke Ukraina.   

Turunnya harga membuat gandum Eropa menjadi lebih kompetitif pada masa tidak adanya gandum Rusia.  

Persediaan gandum dunia ketat namun Uni Eropa masih dapat memenuhi kebutuhan ekspor di pasar dunia. Harga gandum di Chicago turun ke level terendah sejak sebelum invasi Rusia ke Ukraina sehingga tender pembelian meningkat.   

GASC Mesir melakukan negosiasi dengan para pedagang gandum untuk membeli gandum tanpa mengeluarkan tender Internasional.   

Rusia menurunkan pajak ekspor pada hari Jumat untuk menaikkan ekspor pada tahun Marketing Juli – Juni 2022/23.  

Rusia mengekspor 250,000 ton gandum pada minggu lalu dibandingkan 500,000 ton pada minggu sebelumnya.   

Sampai 30 Juni area yang sudah selesai dipanen 92,200 ha turun dibanding tahun lalu 117,900 ha. Hasil panen 2.73 ton per ha naik dari 2.35 ton pada tahun lalu.   

Para petani melakukan panen di daerah yang lebih buruk dulu, untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada saat musim kering ini. Cuaca yang kering saat ini lebih menguntungkan untuk panen setelah hujan turun pada minggu lalu.  

Hujan turun di Jerman pada hari Jumat mendukung kenaikan panen di pertanian gandum . Assosiasi Petani Jerman memperkirakan panen di Jerman naik 5.9% pada tahun ini menjadi 22.65juta ton. 

Pedagang  gandum di Hamburg menjual gandum pengiriman September 18.5 euro per ton. 

Analisa tehnikal untuk gandum di Euronext dengan support pertama di 326.91 Euro selanjutnya ke 319.33 Euro. Resistant pertama di 346.16 Euro dan berikut ke 357.83 Euro.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting