Rekomendasi Emas 5 Juli 2022: Turun karena kekuatiran akan kenaikan tingkat bunga the Fed

442

(Vibiznews – Commodity) Harga emas diperdagangkan turun pada awal perdagangan sesi AS hari Senin. Harga emas tertekan oleh sentimen pasar yang positip terhadap resiko dan ditambah lagi oleh kekuatiran akan kenaikan tingkat bunga the Fed sebesar 75 bps lagi.

Emas berjangka kontrak bulan Agustus turun $6.80 ke $1,806.00 per troy ons.

Pada hari Rabu, the Fed akan merilis risalah pertemuan kebijakan FOMC bulan Juni. Menurut CME Group FedWatch Tool, pasar saat ini memperhitungkan dalam harga probabilita sebesar 66.5% mengenai kenaikan tingkat bunga the Fed sebanyak 75 bps pada bulan Juli dibandingkan dengan seminggu yang lalu sebesar 84%.

Angka PMI AS yang keluar berdampak kepada ketakutan akan datangnya resesi ekonomi. Angka yang buruk yang dikeluarkan oleh Institute of Supply Management (ISM) AS telah mendorong naik kemungkinan terjadinya resesi ekonomi di Amerika Serikat. ISM AS menyampaikan rentannya ekonomi AS dalam semua aspek: PMI Manufaktur, New Orders Index dan Employment Index.

Dibandingkan dengan bank sentral utama dunia lainnya, Federal Reserve AS telah mempercepat kenaikan tingkat bunga tanpa banyak keraguan karena prospek pertumbuhan ekonomi yang menguat dan ketatnya pasar tenaga kerja mendukung para pembuat kebijakan pada the Fed untuk menyuarakan sikap hawkish yang ekstrim.

Sekarang dengan munculnya data ekonomi dari ISM yang buruk, timbul pertanyaan mengenai prospek pertumbuhan ekonomi AS.

“Support” terdekat menunggu di $1,800 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,792 dan kemudian $1,780.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,822 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,834 dan kemudian $1,850.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido