Rekomendasi EUR/USD 5 Juli 2022: Bertahan di 1.0430 Meskipun Data Eropa Mengecewakan

572

(Vibiznews – Forex) EUR/USD diperdagangkan pada teritori positip di sekitar 1.0430 meskipun data ekonomi yang dirilis mengecewakan. Inflasi Produsen bulan Mei di area euro naik dengan kecepatan yang kurang dari yang diperkirakan dan Investor Confidence bulan Juli turun tajam.

Pada hari Senin, pasangan matauang EUR/USD naik setelah memulai bulan Juli di bawah. EUR/USD saat ini diperdagangkan di sekitar 1.0450 setelah sempat jatuh ke bawah di 1.0364 pada hari Jumat minggu lalu karena rilis data ekonomi Eropa yang mengecewakan. Inflasi di Uni Eropa bulan Juni naik ke 8.6% YoY meskipun angka inti turun sedikit menjadi 3.7% YoY.

Memulai minggu perdagangan yang baru, pasar Asia dan Eropa berwarna hijau, yang menekan turun dollar AS. Angka yang buruk yang dikeluarkan oleh Institute of Supply Management (ISM) AS telah mendorong naik kemungkinan terjadinya resesi ekonomi di Amerika Serikat. ISM AS menyampaikan rentannya ekonomi AS dalam semua aspek: PMI Manufaktur, New Orders Index dan Employment Index.

Dibandingkan dengan bank sentral utama dunia lainnya, Federal Reserve AS telah mempercepat kenaikan tingkat bunga tanpa banyak keraguan karena prospek pertumbuhan ekonomi yang menguat dan ketatnya pasar tenaga kerja mendukung para pembuat kebijakan pada the Fed untuk menyuarakan sikap hawkish yang ekstrim. Sekarang dengan munculnya data ekonomi dari ISM yang buruk, timbul pertanyaan mengenai prospek pertumbuhan ekonomi AS.

Namun kenaikan EUR/USD dibatasi oleh angka-angka data ekonomi dari Uni Eropa yang sekali lagi mengecewakan. Neraca Perdagangan Jerman membukukan defisit sebesar € 1 miliar, sementara Producer Price Index Uni Eropa pada bulan yang sama berada di 3.6% YoY, sedikit di bawah dari yang diperkirakan, masih menunjukkan tekanan harga yang besar.

“Support” terdekat menunggu di 1.0400  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0350 dan kemudian 1.0300. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0470 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0555 dan kemudian 1.0585.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.