Rekomendasi Minyak 5 Juli 2022: Berhasil Naik ke $108.00

210

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada hari Senin berhasil naik dan diperdagangkan di sekitar $108.75 di tengah tekanan turun.

Harga minyak mentah WTI berjuang untuk memperpanjang pemulihan yang dialami pada akhir minggu lalu. Faktor negatip yang menghadang pemulihan harga minyak mentah WTI adalah berita bahwa Iran mengumumkan pemotongan harga minyak mentahnya dalam rangka berkompetisi dengan Rusia.

Selain itu angka PMI AS yang keluar berdampak kepada ketakutan akan datangnya resesi ekonomi. Angka yang buruk yang dikeluarkan oleh Institute of Supply Management (ISM) AS telah mendorong naik kemungkinan terjadinya resesi ekonomi di Amerika Serikat. ISM AS menyampaikan rentannya ekonomi AS dalam semua aspek: PMI Manufaktur, New Orders Index dan Employment Index.

Dibandingkan dengan bank sentral utama dunia lainnya, Federal Reserve AS telah mempercepat kenaikan tingkat bunga tanpa banyak keraguan karena prospek pertumbuhan ekonomi yang menguat dan ketatnya pasar tenaga kerja mendukung para pembuat kebijakan pada the Fed untuk menyuarakan sikap hawkish yang ekstrim.

Sekarang dengan munculnya data ekonomi dari ISM yang buruk, timbul pertanyaan mengenai prospek pertumbuhan ekonomi AS.

Selain itu, angka Nonfarm Payrolls AS turun signifikan ke 250.000 dari sebelumnya 390.000, yang menunjukkan bahwa kebijakan tingkat bunga yang lebih tinggi telah mulai berdampak terhadap pasar tenaga kerja.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $108.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $107.58 dan kemudian $106.66. “Resistance” yang terdekat menunggu di $109.03 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $109.42 dan kemudian $110.34.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.