Rekomendasi EUR/USD 6 Juli 2022: Melanjutkan Penurunan ke Beberapa Dekade Terendah

502

(Vibiznews – Forex) EUR/USD memperpanjang penurunan hariannya di tengah menguatnya dollar AS tanpa berhenti. Pasangan matauang EUR/USD turun menyentuh level terlemah dalam hampir dua dekade, sejak Desember 2002, di sekitar 1.0242. Dolar AS terus mengatasi rival-rival utamanya sebagai assets safe-haven. Sementara outlook kebijakan dari ECB ikut memukul matauang bersama Eropa.

Dolar AS naik membumbung tinggi sementara saham-saham AS terjun bebas, merefleksikan keprihatinan pasar. S&P Global merilis angka final dari PMI Uni Eropa bulan Juni yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi di seluruh Uni Eropa melambat ke kerendahan selama 16 bulan.

Aktifitas jasa bertambah dengan kecepatan yang lebih lemah, sementara produksi barang-barang turun untuk pertama kalinya dalam dua tahun. Data ekonomi yang keluar dari Uni Eropa ini semakin menambah ketakutan akan resesi, sementara inflasi di Uni Eropa berada pada rekor ketinggian yang baru.

Menteri ekonomi Jerman Robert Habeck mengatakan bahwa krisis industri energi bisa membawa efek domino ke pasar.

Saham-saham berjangka di bursa AS Wall Street turun tajam diseret oleh kerugian yang substansial pada rekan luarnegerinya. Sementara itu yields obligasi pemerintah, sebaliknya, malah melemah dengan investor bergegas mencari keamanan. Yields treasury AS 10 tahun sekarang berada pada 2.85%.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0215  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0170 dan kemudian 1.0120. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0283 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0335 dan kemudian 1.0380.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.