Keberuntungan Hang Seng 7 Juli Disumbang Lonjakan Saham Produsen Mobil

181

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Hong Kong membalikkan kerugian awal sesi dan mengakhiri perdagangan hari Kamis  (7/7/2022) lebih tinggi.   Indeks harian Hang Seng rebound dari posisi terendah 2 pekan dibantu oleh lonjakan saham-saham produsen mobil China.

Sentimen terangkat setelah Kementerian Perdagangan mengatakan akan mempertimbangkan untuk memperpanjang keringanan pajak untuk kendaraan listrik dan menguraikan rencana untuk membangun lebih banyak stasiun pengisian daya dan mendorong biaya pengisian yang lebih rendah.

Tetapi sentimen pasar dibatasi oleh kekhawatiran atas kesehatan ekonomi global dan kondisi covid di China.  Investor berhati-hati di tengah tanda-tanda wabah COVID-19 baru di China, yang melaporkan 409 kasus virus corona baru untuk 6 Juli, termasuk kasus bergejala dan tanpa gejala.

Indeks harian Hang Seng ditutup naik 56 poin atau 0,3% menjadi 21643,58 setelah kehilangan sebanyak 1,8% awal sesi. Namun untuk indeks saham Cina Enterprise (HSCE) dengan 60 saham unggulan masih melemah 0,09% menjadi 7.538,98.

Namun untuk indeks Hang Seng berjangka bulan Agustus 2022 bergerak positif dengan menguat 202 poin atau 0,94% ke posisi 21708.

Penguatan Hang Seng dipimpin oleh saham produsen mobil seperti saham  Geely Automobile dan Great Wall Motor keduanya melonjak lebih dari 6%, sementara itu saham Wuling Motors dan BYD Co juga membukukan kenaikan yang solid.