Rekomendasi EUR/USD 7 Juli 2022: Diperdagangkan Turun di bawah 1.0200.

587

(Vibiznews – Forex) EUR/USD kehilangan momentum pemulihannya dan turun ke arah 1.0150 pada jam perdagangan sesi AS hari Rabu. Data dari AS menunjukkan bahwa aktifitas bisnis di sektor jasa berkembang dengan kecepatan yang sedikit lebih kuat daripada yang diperkirakan pada bulan Juni.

Dollar AS terus mendapatkan keuntungan dari lingkungan yang “risk-off” pada hari Rabu, dan EUR/USD diperdagangkan di sekitar 1.0167 level terendah selama beberapa tahun lamanya. Melambatnya ekonomi global adalah alasan utama dibelakang sentimen pasar yang buruk dan berlanjutnya permintaan akan assets safe-haven seperti dollar AS, diperparah dengan ketakutan akan resesi dan inflasi yang memanas.

Pasar saham sebegitu jauh terhindar dari keruntuhan dengan indeks saham AS mendapatkan keuntungan dari saham-saham tehnologi yang pada hari Selasa membukukan sedikit keuntungan.  Namun, sektor lainnya yang lebih berhubungan dengan aktifitas ekonomi menderita kerugian yang tajam, sejalan dengan keprihatinan umumnya.

Kurva yield treasury AS 10 tahun mengalami inversi dengan yield treasury AS 2 tahun yang biasanya dipandang sebagai peringatan akan terjadinya resesi.

Data ekonomi dari Eropa adalah Retail Sales di Uni Eropa yang membukukan sedikit kenaikan sebesar 0.2% pada bulan Mei, sementara Factory Orders Jerman untuk bulan yang sama turun 3.1%.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0160  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0120 dan kemudian 1.0075. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0220 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0270 dan kemudian 1.0330.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.