Rekomendasi Minyak 7 Juli 2022: Masih Tertekan di Sekitar $94.00

209

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada hari Rabu masih berada dalam tekanan bearish dan diperdagangkan di sekitar $94.12, dengan sebelumnya sempat naik menembus resistance di atas batas $100 pada jam perdagangan sesi Asia.

Pada saat likuiditas kembali ke pasar setelah liburan panjang selama 3 hari di AS, ketakutan akan resesi global memuncak, memukul assets yang berpenghasilan lebih tinggi seperti minyak mentah.

Mengamuknya inflasi, naiknya harga energi, dan sikap bank sentral utama dunia yang cenderung menaikkan tingkat suku bunga mengintensifkan kekuatiran akan perlambatan ekonomi.

Selain keprihatinan akan berkurangnya pertumbuhan permintaan terhadap minyak mentah, gelombang keengganan terhadap resiko juga menekan harga minyak mentah turun. Ditambah lagi dengan munculnya lockdown yang baru di Cina dengan Shanghai mengumumkan dua ronde baru dari testing masal setelah diditeksi adanya infeksi yang baru di Shanghai.

Terlepas dari faktor fundamental, grafik tehnikal harian dari WTI juga menunjukkan penurunan.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $93.71 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $92.80 dan kemudian $91.94. “Resistance” yang terdekat menunggu di $94.80 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $95.21 dan kemudian $96.30.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.