Rekomendasi EUR/USD 8 Juli 2022: Turun karena USD Berbalik Menguat

434

(Vibiznews – Forex) EUR/USD diperdagangkan tertekan turun di bawah 1.0180 di sekitar 1.0167 meskipun sentimen pasar bagus pada hari Kamis. Dengan yield obligasi 10 tahun AS naik lebih dari 2% pada hari ini, dollar AS berhasil memelihara kekuatannya.

Pasar terus menggali isi dari risalah pertemuan FOMC the Fed yang terbaru. Para pembuat kebijakan moneter di Amerika Serikat mengulangi pesan mereka yang terkenal hawkish namun menahan diri untuk tidak memberikan kode kenaikan tingkat bunga sampai 100 bps. Meskipun demikian, para pejabat AS ini tetap membuka pintu bagi kenaikan tingkat bunga sampai 75 bps.

Hal yang hilang dari dokumen tersebut adalah referensi akan potensi resesi yang terus diamati oleh para investor belakangan ini. Meskipun the Fed tidak menyebutkannya, tidak berarti tidak ada resiko resesi di dalamnya. The Fed sendiri mereview turun perkiraan pertumbuhan ekonomi AS sambil menyatakan bahwa resiko inflasi tetap tinggi.

Sementara itu, European Central Bank (ECB) juga merilis risalah pertemuan mereka bulan Juni. Beberapa anggota Dewan Gubernur masih ingin membuka pintu bagi kenaikan tingkat suku bunga pada pertemuan bulan Juli, meskipun Presiden ECB Christine Lagarde menegaskan beberapa kali bahwa kenaikan hanya sebesar 25 bps.

Dari data makro ekonomi, Jerman melaporkan Industrial Production bulan Mei, yang naik sedikit sebesar 0.2% MoM namun turun 1½ YoY. AS mempublikasikan Goods and Services Trade Balance bulan Mei yang membukukan defisit sebesar $85.55 miliar dan Initial Jobless Claims untuk minggu yang berakhir pada tanggal 1 Juli yang naik menjadi 235.000 dan lebih buruk daripada yang diperkirakan sebesar 230.000.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di 1.0160  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0120 dan kemudian 1.0075. “Resistance” terdekat menunggu di 1.0220 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.0270 dan kemudian 1.0330.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.