Rekomendasi Minyak 8 Juli 2022: Mulai Bangkit, Naik ke $102.00

270

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada hari Kamis mulai bangkit dan diperdagangkan di sekitar $102.00 per barel.

Harga minyak mentah membukukan keuntungan harian pertama kalinya yang menghentikan tren turun selama dua hari berturut-turut dan bangkit dari kerendahan selama tiga bulan, di tengah berbalik melemahnya dollar AS. Pergerakan naik harga minyak mentah WTI bertambah didorong juga oleh sanksi Amerika Serika tatas Iran dan keresahan global atas masalah output minyak mentah Rusia.

Indeks dollar AS (DXY) turun dari ketinggian selama 20 tahun yang dicapai pada hari sebelumnya dan mengalami kerugian 0.20%, di level sekitar 106.90. DXY turun karena turunnya yields treasury AS.

Selain turunnya yields treasury AS, hal yang membuat dollar AS turun bisa jadi adalah angka data ekonomi AS yang keluar lebih rendah dari angka sebelumnya. PMI ISM Jasa AS bulan Juni turun ke 55.3 dibandingkan dengan bulan Mei di 55.9, meskipun masih lebih baik daripada yang diperkirakan sebesar 54.5. Sementara itu JOLTS Job Opening AS untuk bulan Mei turun menjadi 11.25 juta dibandingkan dengan sebelumnya di 11.68 juta, meskipun masih lebih tinggi daripada yang diperkirakan di 11 juta.

Kenaikan harga minyak mentah WTI juga didorong oleh Amerika Serikat mengencangkan cengkeramannya atas bisnis energi Iran, sementara negara yang tergabung di dalam G7 terus berusaha mengatasi masalah ekspor minyak mentah Rusia. Amerika Serikat pada hari Rabu mengenakan sanksi terhadap network dari Cina, Emirati dan perusahaan lainnya yang dituduh telah membantu mengirimkan dan menjual produk petrokimia dan petroleum Iran ke Asia Timur, dalam rangka menekan Tehran agar mau membangkitkan kesepakatan nuklir Iran 2015.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $101.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $100.56 dan kemudian $99.82. “Resistance” yang terdekat menunggu di $102.37 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $103.65 dan kemudian $104.38.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.