Rekomendasi Emas 4 Agustus 2022: Turun karena Meningkatnya Minat Resiko

435

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun pada awal perdagangan sesi AS hari Rabu karena meningkatnya minat terhadap resiko dengan meredanya kecemasan akibat mendaratnya Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan kemarin malam.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $1.30 ke $1,758.90 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan September turun $0.024 ke $20.115 per ons.

Pasar saham mengabaikan pesimisme di Wall Street dengan indeks saham Eropa membukukan keuntungan yang menunjang saham berjangka AS, dibantu oleh komentar yang hawkish dari beberapa pejabat Federal Reserve AS yang berbeda, yang memberikan petunjuk akan tetap berlanjutnya kecepatan pengetatan yang agresif.

Kecemasan dari para trader dan investor mereda dengan Ketua DPR AS Nancy Pelosi akhirnya meninggalkan Taiwan pada hari Rabu pagi, menyelesaikan perjalanannya ke Asia, tanpa terjadi insiden yang berarti, meskipun ketegangan antara AS dengan Cina tetap berlanjut. Cina berencana untuk melakukan latihan militer di sekitar Taiwan selama tiga hari ke depan dan bisa mengambil langkah – langkah selanjutnya yang bisa merusak hubungan antara Beijing dengan Washington lebih jauh.

Hal kunci di luar pasar emas adalah naiknya harga minyak mentah di Nymex yang diperdagangkan di sekitar $96.00 dan naiknya indeks dollar AS karena komentar para pejabat the Fed yang hawkish.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,750 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,722 dan kemudian $1,700.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,774 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,790 dan kemudian $1,800.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido