Klaim Pengangguran AS Meningkat Minggu Lalu; PHK Menurun

119
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran meningkat minggu lalu, menunjukkan beberapa pelemahan di pasar tenaga kerja, meskipun kondisi keseluruhan tetap ketat.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara naik 6.000 menjadi 260.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 30 Juli, kata Departemen Tenaga Kerja. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan 259.000 aplikasi untuk minggu terakhir.

Beberapa peningkatan klaim baru-baru ini dapat disebabkan oleh kesulitan dalam menyesuaikan data untuk fluktuasi musiman. Produsen kendaraan bermotor biasanya menutup pabrik perakitan untuk retooling tahunan pada bulan Juli, mengakibatkan PHK sementara.

Tetapi kekurangan chip dapat mengganggu waktu retooling, berpotensi membuang model yang digunakan pemerintah untuk menghapus fluktuasi musiman dari data.

Klaim yang tidak disesuaikan turun 9.825 menjadi 205.587 minggu lalu. Lompatan besar dalam pengajuan di Connecticut diimbangi oleh penurunan yang mencolok di Massachusetts, Kentucky, dan Ohio.

Klaim yang disesuaikan secara musiman menembus di atas 230.000 pada awal Juni, mencapai level tertinggi delapan bulan di 261.000 pada pertengahan Juli. Namun, mereka tetap di bawah kisaran 270.000-300.000 yang menurut para ekonom akan menandakan perlambatan di pasar tenaga kerja.

Jumlah orang yang menerima tunjangan setelah minggu pertama bantuan meningkat 48.000 menjadi 1,416 juta selama pekan yang berakhir 23 Juli. Apa yang disebut klaim berkelanjutan, proxy untuk perekrutan, adalah yang tertinggi dalam tiga bulan.

Ekonomi berkontraksi 1,3% di paruh pertama, memenuhi definisi resesi. Pergerakan liar dalam persediaan dan defisit perdagangan yang terkait dengan rantai pasokan global sebagian besar harus disalahkan atas dua penurunan kuartalan berturut-turut dalam produk domestik bruto.

Ada 10,7 juta lowongan pekerjaan pada akhir Juni, dengan 1,8 lowongan untuk setiap pekerja yang menganggur.

Untuk saat ini, PHK masih sangat rendah. Sebuah laporan terpisah dari perusahaan outplacement global Challenger, Gray & Christmas pada hari Kamis menunjukkan PHK yang diumumkan oleh perusahaan yang berbasis di AS turun 20,6% menjadi 25.810 pada bulan Juli.

Sejauh tahun ini, pengusaha telah mengumumkan 159.021 PHK, turun 31,3% dari periode yang sama tahun lalu dan terendah Januari-Juli sejak 1993.

PHK tahun ini terkonsentrasi di sektor otomotif, teknologi, dan keuangan. Kekurangan semikonduktor telah menghambat industri otomotif, sementara PHK di sektor teknologi dan keuangan mencerminkan permintaan yang menurun karena suku bunga yang lebih tinggi.

Federal Reserve pekan lalu menaikkan suku bunganya sebesar tiga perempat poin persentase. Bank sentral AS kini telah menaikkan suku bunga itu sebesar 225 basis poin sejak Maret.

Data klaim tidak berpengaruh pada laporan ketenagakerjaan Juli, yang dijadwalkan akan dirilis pada hari Jumat. Menurut survei ekonom Reuters, nonfarm payrolls kemungkinan meningkat 250.000 pekerjaan bulan lalu setelah naik 372.000 pada Juni.