Rekomendasi Emas 5 Agustus 2022: Naik karena Ancaman Cina kepada Taiwan.

617

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik pada awal perdagangan sesi AS hari Kamis karena permintaan safe – haven dengan meningkatnya ketegangan antara AS dengan Cina pada minggu ini. Sebagian aksi “short-covering” di pasar berjangka dan sebagian pembelian yang baru berdasarkan analisa grafik terjadi dengan postur tehnikal jangka pendek dari emas membaik pada minggu ini.

Emas berjangka kontrak bulan Oktober naik $23.10 ke $1,788.70 per troy ons. Sementara perak berjangka Comex bulan September naik $0.436 ke $20.34 per ons.

Pasar saham global kebanyakan naik dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah sedikit naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Pasar sedikit gelisah pada hari Kamis setelah Cina menembakkan beberapa misil balistik ke Taiwan, sebagai pembalasan yang nyata terhadap kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan pada hari Selasa.

BoE menaikkan tingkat bunga kuncinya sebesar 50 bps sebagaimana dengan yang telah diperkirakan namun memberikan catatan bahwa mereka memperkirakan ekonomi Inggris akan memasuki resesi pada kuartal ke empat.

Hal kunci di luar pasar emas adalah turunnya harga minyak mentah Nymex diperdagangkan di sekitar $89.00 dan melemahnya dollar AS ke 106.130.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,769 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,750 dan kemudian $1,722.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,794 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,800 dan kemudian $1,820.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido