UPDATE Rekomendasi Emas 5 Agustus 2022: Turun Tajam Setelah NFP AS

270

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun tajam pada awal perdagangan sesi AS hari Jumat, karena laporan employment – NonFarm Payrolls AS yang muncul dengan kuat secara mengejutkan sehingga bisa memaksa Federal Reserve AS untuk bahkan menjadi lebih agresif dalam pengetatan kebijakan moneternya.

Indeks dollar AS dan yields treasury AS melompat naik karena berita mengenai pekerjaan AS ini yang pada gilirannya mendorong turun harga emas.

Harga emas berjangka kontrak bulan Oktober turun $12.80 ke $1,778.40 per troy ons. Sementara perak berjangka kontrak bulan September turun $0.507 ke $19.615 per ons.

Laporan Non-Farm Payrolls (NFP) AS untuk bulan Juli menunjukkan kenaikan yang sangat kuat dengan pertambahan sebesar 528.000 pekerjaan dibandingkan dengan yang diperkirakan pertambahan sebesar 260.000 pekerjaan. Sementara laporan NFP bulan Juni hanya menunjukkan kenaikan pekerjaan Non-Farm sebanyak 372.000. Tingkat pengangguran di bulan Juli turun menjadi 3.5% dari sebelumnya di bulan Juni 3.6%. Para analis pasar mengatakan bahwa setelah keluarnya angka pekerjaan AS yang kuat pada hari ini, berbaliknya the Fed menjadi dovish tidak akan terjadi.

Pasar saham global mendatar dan sedikit naik dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat jam perdagangan sesi New York dimulai dan mengalami aksi jual setelah angka NFP yang kuat.

Hal kunci di luar pasar emas adalah stabilnya harga minyak mentah WTI diperdagangkan di sekitar $88.50 per barel. Minyak mentah pada hari Kamis sempat menyentuh ke rendahan selama 4 ½ bulan. Indeks dollar AS naik tajam setelah keluarnya laporan NFP AS.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,769 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,750 dan kemudian $1,722.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,794 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,801 dan kemudian $1,825.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido