Manufaktur AS Aktifitasnya Menunjukkan Tanda-Tanda Memuncak

Produksi manufaktur AS kemungkinan akan mencapai puncaknya selama kuartal kedua, aktifitasnya memperlihatkan hal itu.

219
wall street

(Vibiznews-Kolom) Produksi manufaktur AS kemungkinan akan mencapai puncaknya selama kuartal kedua, meskipun datanya tidak jelas dan saling bertentangan, dan turning point mungkin tidak akan terlihat hingga September atau Oktober.

Output manufaktur AS pada bulan Juni turun 0,4% dibandingkan dengan Maret meskipun masih naik 3,6% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, perkiraan yang disiapkan oleh Federal Reserve Board ditemukan.

US Manufacturing Production, 1972-2022

Sumber: Federal Reserve, National Bureau of Economic Research, Reuters.

Pertumbuhan output tiga bulan adalah yang terlemah sejak awal 2021, dan menegaskan momentum perlambatan yang terlihat pada data lain tentang output, pesanan, dan pekerjaan (“Produksi industri dan pemanfaatan kapasitas”, Federal Reserve, 15 Juli).

Baca juga : Aktivitas Manufaktur Juli AS Melambat, Namun Masih Dibawah Perkiraan

Pekerjaan manufaktur AS meningkat sebesar 30.000 pada bulan Juli dan sebesar 476.000 dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, menurut perkiraan terpisah yang disiapkan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS.

US Manufacturing Employment, 1990-2022

Sumber : US Bureau Labor Statistic, Reuters

Tetapi tingkat penciptaan lapangan kerja tiga bulan telah berkurang setengahnya sejak April, momentum tanda lain memudar (“Survei ketenagakerjaan”), Bureau Labor Statistic, 5 Agustus.

Produsen hampir terbagi rata pada apakah kegiatan bisnis berkembang atau menyusut, berdasarkan data survei dari Institute for Supply Management (ISM).

US ISM Manufacturing Index, 1980-2022

Manufaktur AS

Sumber : Institute for Supply Management (ISM), Reuters.

Indeks aktivitas komposit ISM merosot ke 52,8 pada Juli (persentil ke-50 untuk semua bulan sejak 1980) turun dari 57,1 pada Maret (persentil ke-72).

Tetapi komponen pesanan baru hanya 48,0 di bulan Juli (persentil ke-15) turun dari 53,8 di bulan Maret (persentil ke-37) dan 61,7 di bulan Februari (persentil ke-84), menyiratkan bahwa sektor ini akan melambat lebih lanjut dalam beberapa bulan ke depan.

Komponen ketenagakerjaan telah turun lebih tiba-tiba menjadi hanya 49,9 di bulan Juli (persentil ke-30) turun dari 56,3 di bulan Maret (persentil ke-85).

TITIK BALIK?

Pengurangan pekerjaan manufaktur yang tersirat oleh survei ISM konsisten dengan output industri yang memuncak tetapi tidak konsisten dengan pertumbuhan berkelanjutan yang dilaporkan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja.

Seiring waktu, perubahan dalam indeks ketenagakerjaan ISM dan data penggajian manufaktur BLS cenderung mengikuti satu sama lain, dengan ukuran ISM memimpin 3-4 bulan.

US ISM Manufacturing New Order Index, 1980-2022

Manufaktur ASSumber : Institute for Supply Management (ISM), Reuters.

Jika hubungan ini bertahan, kelemahan yang terlihat dalam indeks ketenagakerjaan ISM dari April dan terutama Mei akan mulai terlihat dalam ukuran BLS untuk Agustus atau September, masing-masing diterbitkan sebulan kemudian.

Indeks Aktivitas Nasional Federal Reserve Bank of Chicago (CFNAI) melacak semua indikator ini dan lusinan lainnya untuk memperkirakan apakah ekonomi tumbuh di atas atau di bawah tingkat tren jangka panjangnya.

Chichago Fed National Activity Index (CFNAI) , 1970-2022

Manufaktur ASSumber : Federal Reserve Bank of Chicago

CFNAI menunjukkan ekonomi tumbuh di bawah tren dalam tiga bulan dari April hingga Juni untuk pertama kalinya sejak gelombang pertama pandemi pada 2020.

Memuncaknya aktivitas manufaktur juga secara tentatif terlihat pada pergerakan bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi melalui sistem transportasi.

Pergerakan angkutan dalam negeri melalui jalan darat, kereta api, udara, tongkang dan pipa tampaknya mencapai puncaknya pada kuartal pertama, berdasarkan data dari Biro Statistik Transportasi.

Volume kargo turun hampir 0,5% di bulan Mei dibandingkan dengan Maret meskipun masih naik 2,6% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya (“Indeks layanan transportasi kargo”, BTS, 15 Juli).

US Freight Transportation Service Index, 2000-2022

Manufaktur ASSumber : US Bureau Transportation Statistic, Reuters

Konsumsi bahan bakar minyak sulingan, bahan bakar cair utama yang digunakan baik di sektor manufaktur maupun angkutan barang, melemah sejak akhir kuartal pertama.

Distillate Fuel Oil Supplied to US Customer 2000-2022

Sumber : US energy information Administration, Reuters.

Kondisi konsumsi sulingan yang lamban sebagian disebabkan oleh harga yang sangat tinggi tetapi juga konsisten dengan puncak dan kemudian melemahnya permintaan manufaktur dan pengiriman.

Persediaan minyak bumi AS tidak dibangun kembali – meskipun ada rilis rekor dari cadangan strategis pemerintah dan perlambatan ekonomi yang membebani konsumsi bahan bakar oleh produsen dan perusahaan angkutan.

Dalam jangka pendek, tekanan pada persediaan bersifat bullish untuk harga minyak. Namun, dalam jangka menengah, ini menyiratkan penurunan siklus yang lebih dalam dan lebih lama akan dibutuhkan nanti pada tahun 2022 dan awal 2023 untuk menyeimbangkan kembali pasar.

Total stok, termasuk cadangan minyak strategis, telah turun dalam 80 dari 108 minggu terakhir dengan total 438 juta barel sejak awal Juli 2020, menurut data dari Administrasi Informasi Energi AS (EIA).

Akibatnya, stok gabungan produk mentah dan produk olahan berada pada titik terendah sepanjang tahun sejak harga melonjak ke rekor tertinggi pada tahun 2008 dan sebelum tahun 2004 (“Laporan status minyak mingguan”, EIA, 27 Juli).

Persediaan telah stabil secara luas selama 8-10 minggu terakhir, yang menyiratkan produksi dan konsumsi telah bergerak mendekati keseimbangan, setelah periode panjang kekurangan produksi yang signifikan yang berlangsung hampir dua tahun, tetapi belum ada tanda-tanda mereka mulai membangun kembali ke tingkat yang lebih nyaman.

Dalam seminggu terakhir, persediaan minyak bumi habis sebesar 9 juta barel, dengan penarikan cadangan minyak mentah strategis (-6 juta), minyak mentah komersial (-5 juta), bensin (-3 juta) dan bahan bakar minyak sulingan (-1 juta), sebagian diimbangi oleh builds in propane (+3 juta) dan minyak lainnya (+3 juta).

Stok sulingan biasanya meningkat pada kuartal ketiga karena kilang menghasilkan lebih banyak solar dan minyak pemanas sebagai produk sampingan dari pemrosesan lebih banyak minyak mentah untuk memenuhi permintaan bensin musim panas.

Tetapi stok telah meningkat kurang dari 1 juta barel sejauh kuartal ini, salah satu peningkatan terkecil dalam 40 tahun terakhir, menunjukkan kekurangan yang terus-menerus, yang tidak berkelanjutan.

Stok telah meningkat sekitar 400.000 barel sejak akhir Juni dibandingkan dengan peningkatan musiman rata-rata pra-pandemi sebesar 5,5 juta barel dalam sepuluh tahun antara 2010 dan 2019.

Konsumsi distilat adalah bagian yang paling sensitif dari pasar bahan bakar terhadap perubahan dalam siklus manufaktur dan pengangkutan.

Baik aktivitas manufaktur dan pengiriman telah melambat sejak awal tahun, mengurangi beberapa permintaan distilasi dan membantu menstabilkan persediaan.

Tetapi tingkat persediaan yang sangat rendah dan kegagalan mereka untuk membangun kembali menyiratkan perlambatan ekonomi yang jauh lebih dalam dan lebih lama sekarang akan diperlukan untuk memungkinkan persediaan minyak mentah dan terutama bahan bakar pulih.

Penutup

Secara keseluruhan, data tersebut konsisten dengan aktivitas manufaktur yang mencapai puncaknya pada kuartal kedua tahun 2022, dengan kemungkinan penurunan pada kuartal ketiga dan keempat.

Pertanyaan yang tersisa adalah apakah perlambatan aktivitas manufaktur akan sangat ringan, “tambalan lunak” pertengahan siklus, atau cukup signifikan untuk memenuhi syarat sebagai resesi akhir siklus.

Harga berjangka untuk minyak mentah dan sulingan menengah sudah mengantisipasi perlambatan signifikan yang akan menekan konsumsi bahan bakar dan memungkinkan pembangunan kembali persediaan yang habis.